Warga Jakarta Antusias Kuliah di Belanda

Minat warga Jakarta melanjutkan pendidikan di Belanda cukup tinggi. Hal itu tercermin dalam pameran pendidikan Belanda di Perpustakaan Nasional

Warga Jakarta Antusias Kuliah di Belanda
Warta Kota/Dody Hasanuddin
Nuffic Neso Indonesia menggelar Pameran Pendidikan Belanda di Perpustakaan Nasional di Jakarta, beberapa waktu yang lalu. 

WARTA KOTA, JAKARTA - Minat warga Jakarta melanjutkan pendidikan di Belanda cukup tinggi. Hal itu tercermin dalam pameran pendidikan Belanda di Perpustakaan Nasional, Gambir, Jakarta Pusat.

Dalam pameran pendidikan Belanda atau Dutch Placement Day (DPD) itu pada Jumat pekan lalu hadir 27 universitas riset maupun universitas ilmu terapan Belanda.

Sedangkan di Surabaya yang dilaksanakan 6 November lalu hanya 16 institusi pendidikan tinggi Belanda yang hadir.

Selanjutnya adalah jumlah warga Jakarta yang hadir di DPD Jakarta ada 1.500 orang. Sedangkan di Surabaya di bawah 1.500 orang.

Direktur Nuffic Neso Indonesia, Peter van Tuijl, mengatakan, tingginya antusias warga Jakarta menempuh pendidikan di Jakarta menyebabkan banyaknya universitas Belanda yang hadir di pameran pendidikan tersebut.

Mereka mempresentasikan fasilitas dan persyaratan yang harus ditempuh, agar dapat menimba ilmu di Belanda. Baik itu melalui jalur umum dan beasiswa.

Di antaranya tentang mengikuti presentasi universitas maupun lembaga pengelola beasiswa, seminar menulis motivation statement, hingga mengikuti IELTS Try Out.

Selain itu, warga Jakarta mendapatkan informasi tentang biaya-biaya selama kuliah di Belanda.

"Pameran pendidikan tinggi Belanda ini diharapkan dapat meningkatnya kesadaran para pelajar untuk membekali dirinya dengan pengetahuan dan kemampuan yang baik, sehingga dapat bersaing di era globalisasi," kata Peter di Kuningan, Jakarta Pusat, Selasa (13/11/2018).

Nuffic Neso juga menggelar pameran pendidikan Belanda di Surabaya, Jawa Timur, pada 6 November lalu.

Ada 16 institusi pendidikan tinggi Belanda yang hadir di pameran tersebut.

Sementara itu tercatat 112.000 mahasiswa dari 164 negara kuliah di Belanda. (DOD)

Penulis: Dody Hasanuddin
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved