Gareth Southgate Tolak Rencana FIFA Tambah Peserta di Piala Dunia 2022

Presiden FIFA Gianni Infantino mendukung penuh rencana penambahan peserta putaran final dari 32 menjadi 48 tim di Piala Dunia 2022 di Qatar.

Gareth Southgate Tolak Rencana FIFA Tambah Peserta di Piala Dunia 2022
Dailyexpress
Gareth Southgate 

GARETH Southgate dengan tegas menolak proposal federasi sepak bola dunia yang akan menambah jumlah peserta putaran final Piala Dunia menjadi 48 tim.

Menurut Southgate, penambahan jumlah peserta justru membuat penonton bosan dan laga kualifikasi menjadi tidak menarik lagi.

Sebelumnya Presiden FIFA Gianni Infantino mendukung penuh rencana penambahan peserta putaran final dari 32 menjadi 48 tim di Piala Dunia 2022 di Qatar.

Keputusan akhir akan dibuat pada Maret tahun depan, termasuk menyepakati format anyar putaran final, yaitu Piala Dunia 2026 akan digelar di Kanada, Meksiko, dan Amerika Serikat.

Baca: Tontowi Ahmad/Della Destiara Langsung Kandas di Pertandingan Debut

"Babak kualifikasi menjadi tidak menarik lagi karena format itu membuat sebuah tim lebih mudah menembus putaran final. Secara pribadi saya menolak rencana itu," kata Southgate.

Pelatih Timnas Inggris itu menambahkan, "Hal yang paling penting dan menarik dalam sebuah turnamen adalah ketakutan tidak lolos. Itu yang membuat suporter merasa tertarik sekaligus puas. Suporter ikut merasakan bahwa setiap laga adalah krusial."

Ide FIFA menambah jumlah peserta di putaran final dimaksudkan untuk memperbesar peluang tim-tim kecil untuk merasakan turnamen mayor.

Selama ini, turnamen empat tahunan itu seolah hanya menjadi tim-tim elit dunia saja.

Berita Ini Juga Dimuat di KORAN SUPER BALL, Selasa (13/11/2018)

Editor: Dewi Pratiwi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved