Pemkot Bekasi Bilang Duit Dari DKI Masih Kurang untuk Selesaikan Flyover

"Belum cukup ya, masih kurang untuk pembangunan yang saat ini sudah mencapai 60 persen. Dana itu belum cukup

Pemkot Bekasi Bilang Duit Dari DKI Masih Kurang untuk Selesaikan Flyover
Warta Kota/Muhammad Azzam
Arus lalu lintas di perempatan Cipendawa Jalan Raya Narogong, Bantar Gebang, Kota Bekasi macet parah dan semrawut. 

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Bekasi Arief Maulana mengatakan, bantuan keuangan dari Pemprov DKI Jakarta belum cukup untuk merampungkan pembangunan Flyover Cipendawa dan Rawa Panjang.

Pemkot Bekasi mengajukan bantuan keuangan kepada Pemprov DKI sekitar Rp 562 miliar, sedangkan hibah yang disetujui Rp 403 miliar.

"Belum cukup ya, masih kurang untuk pembangunan yang saat ini sudah mencapai 60 persen. Dana itu belum cukup sampai 100 persen rampung," kata Arief kepada Kompas.com di Bekasi, Jawa Barat, Senin (12/11/2018).

Arief mengatakan, bantuan keuangan yang disetujui Pemprov DKI hanya bisa dipakai untuk 90 persen pembangunan dua flyover tersebut.

Meski demikian, pihaknya akan memaksimalkan hibah tersebut untuk pembangunan Flyover Cipendawa dan Rawa Panjang. "Kami akan maksimalkan dana yang diberi DKI. Ya kami juga memahami, kami bersyukur DKI sudah begitu perhatian juga kasih dana itu," ujar dia.

Menurut rencana, pembangunan flyover rampung pada 2019. "Sisa dana yang diperlukan untuk rampungkan dua flyover akan kami ajukan lagi nantinya, tidak pakai APBD (Kota Bekasi).

Dana kemitraan itu sudah tercantum dalam kerja sama," kata Arief. Pembangunan dua flyover akan dilakukan bertahap dan ditargetkan rampung keseluruhan pada 2020.

Pemprov DKI sebelumnya telah menyetujui Rp 602 miliar bantuan keuangan dan kewajiban bagi Pemkot Bekasi. Dana itu terdiri dari Rp 199 miliar dana kemitraan atau uang bau dan Rp 403 miliar dana bantuan keuangan berupa hibah.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dana Kemitraan dari DKI Belum Cukup Rampungkan Pembangunan "Flyover" Cipendawa dan Rawa Panjang", Penulis : Dean Pahrevi
Editor : Kurnia Sari Aziza

Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved