Kolom Maryono Basuki

Hikayat Merdeka atau Mati, Pesan-Pesan Pahlawan

Mayat bergelimpangan di selokan dan pinggir jalan. Sampai tanggal 14 November 1945 pemuda Surabaya (mengklaim) sudah berhasil merontokan pesawat.

Hikayat Merdeka atau Mati, Pesan-Pesan Pahlawan
youtube.com
Sutomo atau dikenal dengan sebutan Bung Tomo, pahlawan nasional

Oleh: Maryono Basuki (Dosen Univ. Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

10 NOVEMBER 1945 pukul 06.00, batas ultimatum Mayor Jenderal Robert Mansergh yang menyebutkan semua pimpinan dan orang Indonesia yang bersenjata harus melapor dan meletakkan senjatanya di tempat yang ditentukan dan menyerahkan diri dengan mengangkat tangan di atas.

Teriak “merdeka” membahana sebagai jawaban atas ultimatum tentara Inggris  itu. Kemudian, gugur setidaknya 16000 pejuang dari pihak Indonesia dan dari pasukan Inggris tewas kira-kira sejumlah 2000 tentara.

Marinir Inggris gagal dalam misi pendaratannya (menguasai pantai pangkal). Mereka hanya berhasil melewati Surabaya menuju Jawa tengah sampai Semarang untuk kembali pulang ke negaranya.

Tujuh puluh tiga tahun telah berlalu, kenangan gema “Merdeka atau Mati” telah dikemas oleh para pahlawan dalam pesan-pesan yang sudah seharusnya kita realisasikan.

A           Hikayat “Merdeka atau Mati”

A.1        Pertempuran Tiga Hari

Duapuluh lima Oktober 1945, perajurit-perajurit Sekutu dari Brigade 49 tiba di pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, dibawah pimpinan Brigadir Jenderal Aubertin Walter Sothern Mallaby.

Terdiri atas Batalyon Infanteri Maratha yang terlatih dalam perang kota dan Batalyon Rajputna sebagai satuan senjata bantuan penghancur dengan senjata utama senapan mesin, mortir, dan penyembur api.

Brigade ini dilengkapi skwadron kendaraan lapis baja, batalyon angkutan militer, batalyon logistik dan kesehatan militer. Mereka datang dengan rasa percaya diri yang tinggi, karena baru saja mengalahkan pasukan Jepang, dalam pertempuran Birma dan Semenanjung Malaya.

Halaman
1234
Editor: Achmad Subechi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved