Seleksi CPNS 2018

BKN Klaim Tingkat Kesulitan SKD CPNS 2018 Sama Seperti Tahun Lalu

"Tiga persen dibagi 100, lalu dikalikan 2.8 juta orang yang ikut tes, berarti hanya 84ribuan sampai sekarang yang lolos," kata Ridwan.

BKN Klaim Tingkat Kesulitan SKD CPNS 2018 Sama Seperti Tahun Lalu
ANGGIE LIANDA PUTRI
Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan di BKN Pusat, Cawang Jakarta Timur. 

KEPALA Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan mengatakan hingga saat ini baru sekitar tiga persen peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 yang lolos pada Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

"Saat ini menurut data yang benar-benar lulus melampaui ambang batas nilai (Passing Grade) itu 2.8 persen, kasarnya kurang lebih hanya 3 persen," ujar Ridwan di BKN Pusat, Cawang Jakarta Timur, Senin (12/11/2018).

Meskipun belum seluruh peserta mengikuti tes, hingga saat ini baru sekitar 84 ribu yang telah lolos seleksi SKD. Padahal pemerintah membuka sebanyak 238.015 formasi pada CPNS tahun ini yang terbagi dari instansi pusat dan daerah.

"Tiga persen dibagi 100, lalu dikalikan 2.8 juta orang yang ikut tes, berarti hanya 84ribuan sampai sekarang yang lolos," kata Ridwan.

Baca: Pelamar CPNS Kemenkumham yang Gagal di SKD CPNS 2018 Bisa Diloloskan Apabila Penuhi Syarat Ini

Baca: Penjelasan Pihak Sekolah Terkait Video Guru yang Dikeroyok Sejumlah Siswa di Kelas yang Viral

Setiap peserta SKD diberikan 100 soal yang terdiri dari soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 35 soal, Tes Intelegensia Umum (TIU) 30 soal, dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 35 soal.

Mereka diwajibkan mencapai nilai yamg telah ditetapkan yakni TWK 75, TIU 80 dan TKP 143.

Ridwan mengatakan pada tahun ini TKP menjadi momok menyeramkan untuk para peserta, sebab dites ini banyak yang gagal tidak mencapai nilai 143.

"Tes Karakteristik Pribadi sekarang jadi momok, kalau tahun lalu TWK yang jadi momok," kata Ridwan.

Iapun sempat bingung mengapa banyak yang gugur di TKP, padahal tidak ada penambahan tingkat kesulitan dan masih sama seperti tahun lalu.

Baca: Fokus Cari Uang, Sandra Dewi Tak Rayakan Ulang Tahun Pernikahan

Meskipun begitu, ia tak menampik jika memang banyak jawaban pengacau yang membuat peserta tidak tidak mendapatkan nilai maksimal.

Halaman
12
Penulis: Anggie Lianda Putri
Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved