Sebanyak 65 IKM dari Komami Ikuti Kurasi dan Fasilitasi Perizinan di Kantor Wali Kota Jakbar

Suku Dinas Perindustrian dan Energi (PE) Jakarta Barat, menggelar kurasi dan fasilitasi perizinan terhadap pelaku IKM

Sebanyak 65 IKM dari Komami Ikuti Kurasi dan Fasilitasi Perizinan di Kantor Wali Kota Jakbar
Warta Kota/Panji Baskhara Ramadhan
Juri saat menilai makanan sebuah Industri Kecil Menengah (IKM), di Ruang Soewiryo I Lantai 16 Gedung B Kantor Wali Kota Jakarta Barat, Kembangan, Jakarta Barat, Rabu (7/11/2018). 

Laporan Wartawan Warta Kota, Panji Baskhara Ramadhan

Warta Kota, Kembangan - Pemerintah Kota Jakarta Barat melalui Suku Dinas Perindustrian dan Energi (PE) Jakarta Barat, menggelar kurasi dan fasilitasi perizinan terhadap pelaku Industri Kecil Menengah (IKM), di Ruang Soewiryo I Lantai 16 Gedung B Kantor Wali Kota Jakarta Barat, Kembangan, Jakarta Barat, Rabu (7/11/2018).

Sebanyak 65 peserta IKM yang tergabung dari Komunitas Makanan dan Minuman (Komami) Jakarta Barat ikut dalam acara tersebut.

Terpantau para peserta IKM berbagai wilayah Kota Jakarta Barat datang ke Gedung B Lantai 16 Kantor Wali Kota Jakarta Barat.

Tampak di depan ruang Soewiryo I, puluhan meja berjejer dan tengah dihiasi berbagai macam makanan dan minuman buatan para peserta kurasi dan fasilitasi perizinan IKM.

Tampak para peserta sibuk menghiasi produk makanan dan minuman, yang kemudian bakal dinilai oleh para juri profesional. Makanan dan minuman yang dipamerkan antara lain kebab champions, martabak unyil, berbagai kue dan makanan ringan, teh daun kelor, hingga ada bir pletok.

Hasil produk mereka, nantinya dinilai oleh juri. Makanan dan minuman buatan para peserta di lokasi, akan dicoba satu persatu oleh para juri yang kemudian diberikan penilaian.

"Saya sebagai salah satu juri bertugas berikan penilaian. Penilaiannya berupa masukan untuk mereka. Apa saja yang kurang. Entah di bagian rasa makanan dan minuman, atau juga bagian kemasannya. Tetapi, pendapat saya itu kurang eye catching. Untuk sisi millenialnya, menurut saya masih kurang ya," kata Witri Yenny selaku juri dan Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian Jakarta Barat.

Sementara itu, Sekretaris Kota Jakarta Barat, Eldi Andi mengatakan, di kegiatan kurasi dan fasilitasi perizinan merupakan rangkaian dari program pengembangan wirausaha industri baru.

Ia mengungkapkan, apanila kelengkapan perizinan yakni Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) untuk IKM sangat penting, dalam mengajukan pinjaman modal usaha melalui perbankan.

"IKM itu ya memiliki peran strategis di dalam perekonomian nasional, dimana untuk dapat lebih meningkatkan peran tersebut. Ini menjadi rangka dalam menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi Asean. Saya usul agar digelar lomba membuat kemasan untuk para IKM di Jakarta Barat. Maka itu, sebanyak 65 IKM di sini akan diberikan pengarahan dengan baik," paparnya. (BAS)

Penulis:
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved