Ini 2 Perempuan Muslim Pertama yang Terpilih jadi Anggota Kongres AS

Pemilu Sela AS yang terjadi Selasa (6/11/2018) waktu setempat menjadi momen bersejarah bagi Ilhan Omar dan Rashida Tlaib.

Ini 2 Perempuan Muslim Pertama yang Terpilih jadi Anggota Kongres AS
AFP/courtesy photo/middleeasteye.net
ILHAN Omar dan Rashida Tlaib, dua perempuan Muslim pertama yang menduduki jabatan sebagai anggota Kongres Amerika Serikat. 

PEMILIHAN Umum Sela Amerika Serikat (AS) yang terjadi Selasa (6/11/2018) waktu setempat menjadi momen bersejarah bagi Ilhan Omar dan Rashida Tlaib.

Mereka berdua, sama-sama kader Partai Demokrat, merupakan perempuan Muslim pertama yang resmi menjadi anggota Kongres AS.

Diwartakan AFP Rabu (7/11/2018), Omar menjadi anggota House of Representatives dari Negara Bagian Minnesota dengan meraup 78,4 persen suara.

Baca: Bila Demokrat Menang di Pemilu Paruh Waktu AS, Donald Trump Tak Akan Bebas Bergerak

Baca: Adik Perempuan Ahok Tidak Mau Nonton Film A Man Called Ahok

Pengungsi dari Somalia itu terpilih setelah mengalahkan kandidat dari Partai Republik Jennifer Zielinski yang hanya mendapat 21,6 persen.

Omar menggantikan Keith Ellison di mana dia merupakan Muslim pertama yang menduduki posisi Kongres. Adapun Ellison ditugaskan sebagai Jaksa Minnesota.

Selain merupakan perempuan Muslim pertama, politisi berusia 36 tahun yang datang ke AS 20 tahun silam itu juga merupakan anggota Somalia-Amerika pertama.

Sementara Tlaib merupakan politisi dari Detroit yang memenangkan kursi House of Representatives dari Negara Bagian Michigan.

Baca: Sedih dan Kecewa, Adik Ahok Bongkar Sejumlah Kebohongan Dibalik Film A Man Called Ahok

CNN melaporkan, politisi keturunan Palestina itu bakal mengisi kursi John Conyers dari Republik yang mundur tahun lalu karena tuduhan pelecehan seksual.

Tlaib merupakan perempuan Muslim pertama yang menjabat sebagai anggota badan legislatif Michigan pada satu dekade silam.

Dia merupakan pengkritik utama Presiden Donald Trump, dan pernah dipenjara di 2016 karena mengganggu pidato Trump di Detroit.

"Selamat kepada saudaraku Rashida Tlaib atas kemenangannya. Saya tak sabar ingin bekerja sama denganmu. Insha Allah," ujar Omar di Twitter.

Terpilihnya Tlaib dan Omar membuat jumlah politisi Muslim di Kongres menjadi tiga orang.

Sebelumnya, Andre Carson, juga dari Demokrat, kembali terpilih di Negara Bagian Indiana. (Ardi Priyatno Utomo)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "2 Perempuan Muslim Ini Terpilih Jadi Anggota Kongres AS"

Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved