Jembatan Pitara yang Sedang Direnovasi Longsor

Hujan deras beberapa jam mengakibatkan material Jembatan Pitara di Jalan Pitara Raya, Pancoran Mas, Depok, yang sedang direnovasi mengalami longsor

Penulis: Budi Sam Law Malau | Editor: Andy Pribadi
Jembatan Pitara yang direnovasi longsor, Selasa (6/11/2018). (Foto: dok.Warga) 

HUJAN deras beberapa jam mengakibatkan material Jembatan Pitara atau Jembatan Sengon di Jalan Pitara Raya, Pancoran Mas, Depok, yang sedang direnovasi mengalami longsor, Selasa (6/11/2018) sore.

Akibatnya pengerjaan renovasi jembatan yang dilakukan sejak Kamis (25/10/2018) lalu, dengan pemasangan beberapa material kini rusak cukup parah.

Longsornya jembatan yang berada di belakang Masjid Al Ubudiyah, membuat dua ruas jalan terpisah kali kecil di bawahnya.

Rival (40) warga Mampang, Pancoran Mas, Depok membenarkan longsornya Jembatan Pitara yang baru direnovasi sejak akhir Oktober lalu.

"Istri saya tadi ke rumah temannya di sekitar Jembatan Pitara. Dia bilang Jembatan Pitara sudah longsor dan warga ramai di sana melihat jembatan.yang longsor. Kejadiannya setelah hujan, sekitar pukul setengah tigaan sore," kata Rival.

Menurur Rival longsornya jembatan diperkirakan karena hujan deras yang turun sebelumnya.

Jembatan Pitara yang direnovasi longsor, Selasa (6/11/2018). (Foto: dok.Warga)
Jembatan Pitara yang direnovasi longsor, Selasa (6/11/2018). (Foto: dok.Warga) ()

"Hujan membuat kali di bawah jembatan menggerus pondasi material yang tidak kuat. Sehingga longsor," katanya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok Manto Jorghi belum memberi respon saat dikonfirmasi Warta Kota melalui saluran komunikasi telepon seluler, Selasa (6/11/2018) terkait longsornya Jembatan Pitara yang sedang direnovasi dan dikerjakan itu.

Seperti diketahui jembatan di Jalan Pitara Raya, Pancoran Mas, Depok, tepatnya di belakang Masjid Al Ubudiyah, mulai direnovasi dengan dibongkar menggunakan alat berat, Kamis (25/10/2018) siang.

Pengerjaan untuk perbaikan jembatan yang dinilai sudah mulai rawan amblas. Jembatan Pitara atau yang dikenal juga dengan sebutan Jembatan Sengon sempat amblas awal Mei 2017 lalu.

Kemudian jembatan diperbaiki dan dibangun kembali hingga rampung akhir Mei 2017.

Kini jembatan akan diperbaiki lagi agar lebih kuat.

Akibat pengerjaan perbaikan jembatan itu, ruas Jalan Pitara di kedua arah ditutup hingga 24 Desember mendatang, yang merupakan waktu target penyelesaian perbaikan jembatan.

Saat itu Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok Manto Djorghi mengatakan penutupan ruas Jalan Pitara hingga 24 Desember mesti dilakukan agar tak menganggu perbaikan jembatan.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved