Kata Jokowi, Dana Desa Bikin 1,2 Juta Orang Tak Miskin Lagi

"Oleh karena itu dampingi dana desa terus, sehingga penggunaannya tepat sasaran," papar Jokowi.

Kata Jokowi, Dana Desa Bikin 1,2 Juta Orang Tak Miskin Lagi
Warta Kota/Zaki Ari Setiawan
Warga Tangerang Selatan mengajak presiden Jokowi untuk berswafoto saat mendatangi Pondok Pesantren Daarul Hikmah, Pamulang, Tangerang Selatan, Minggu (4/11/2018). 

PRESIDEN Joko Widodo menyatakan dana desa yang dikucurkan pemerintah sejak empat tahun lalu hingga saat ini, mampu mengentaskan kemiskinan sebanyak 1,2 juta orang.

Jokowi menjelaskan, dana desa pertama dikucurkan pemerintah sebesar Rp 20 triliun, dan kemudian setiap tahunnya mengalami peningkatan hingga total mencapai Rp 187 triliun.

"Tahun depan ditambah menjadi Rp 70 triliun, ada penambahan Rp 10 triliun. Artinya pemerintah memberikan perhatian besar ke desa. Tadi Pak Mendes melaporkan kemiskinan turun dua kali lipat dari kota, sebanyak 1,2 juta orang," ucap Jokowi‎ saat Sosialisasi Prioritas Penggunaan Dana Desa‎ di Tangerang, Minggu (‎4/11/2018).

Baca: Kata Jusuf Kalla, Menteng dan Kebayoran Baru Tak Bakal Dapat Dana Kelurahan

Menurut Jokowi, adanya dana desa juga turut menurunkan angka stunting atau anak mengalami pertumbuhan tidak wajar di pedesaan, dari 37 persen menjadi 30 persen pada saat ini.

‎"Lalu, berapa kilometer jalan di desa dibangun, berapa embung dibangun, sanitasi dibangun, posyandu di bangun, jembatan kecil dibangun? Banyak sekali," papar Jokowi.

Berdasarkan catatan yang diterima Jokowi, dana desa telah mampu membangun 95 ribu kilometer jalan di pedesaan, 914 jembatan kecil, dan 22 ribu akses air bersih.

"Saya kalau ke daerah, saya cek betul, bagaimana perkembangan, 14 ribu PAUD dibangun, pasar kecil di desa sebanyak 3.100 dibangun. Oleh karena itu dampingi dana desa terus, sehingga penggunaannya tepat sasaran," papar Jokowi. (Seno Tri Sulistiyono)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved