Breaking News:

Para Pecinta Sepeda Nikmati Jakarta Night Ride di Velodrome Jakarta Timur

Ratusan pesepeda dari berbagai komunitas di Jakarta dan sekitarnya mengikuti kegiatan Jakarta Night Ride (JNR).

Warta Kota/Joko Supriyanto
Ratusan pesepeda dari berbagai komunitas di Jakarta dan sekitarnya mengikuti kegiatan Jakarta Night Ride (JNR) di area hall bendera venue Velodrome, Jumat (2/11/2018) malam. 

WARTA KOTA, PULOGADUNG---Ratusan pesepeda dari berbagai komunitas di Jakarta dan sekitarnya mengikuti kegiatan Jakarta Night Ride (JNR) di area hall bendera venue Velodrome, Jumat (2/11/2018) malam.

Mereka menempuh jarak 13 kilometer dari Patung Kuda Monumen Nasional Jakarta Pusat hingga Jakarta Intenational Velodrome Jakarta Timur.

Berbagai jenis sepeda milik komunitas turut hadir memeriahkan acara tersebut.

Mulai dari sepeda balap, sepeda gunung, sepeda lipat, hingga sepeda ontel. Mayoritas sepeda mereka sudah memiliki lampu berkedap-kedip.

Anggota Bike to  Work, Fonna, mengatakan, kegiatan ini menjadi bagian dari inisiatif Indonesia Bersepeda dengan mendukung bersepeda yang beradab di Jakarta melalui momen kolaborasi setiap Jumat malam bagi pengguna sepeda lintas genre.

"Selama ini pesepeda masih dianggap sebelah mata sebagai moda transportasi. Kami ingin menyuarakan bahwa bersepeda itu cermin perubahan menuju kota yang lebih sehat, menjauhkan dari penyakit, termasuk penyakit macet," kata Fonna.

Fonna mengatakan, bersepeda tidak hanya untuk ketika berangkat bekerja saja, namun juga bisa diterapkan dalam berbagai kegiatan lainnya seperti saat hendak berbelanja, pergi ke mal, ataupun tempat wisata lainnya.

"Indonesia Bersepeda kompak berjalan sepekan sekali di Bandung, Surabaya, Solo, Yogyakarta, Lampung, menyusul Purwodadi, dan Banyuwangi. Di Jakarta, malam ini (Jumat) mulai dalam pola rutin. Harapannya terus berkelanjutan terkoneksi lintas kota," ucapnya.

Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro), Dwi Wahyu Daryoto, mengatakan, pihaknya memfasilitasi untuk menghidupkan fungsi ruang publik dan menjadikan Jakarta International Velodrome (JIV) sebagai ikon komunitas sepeda di Jakarta.

JIV didedikasikan untuk Asian Games 2018 mengantongi sertifikat standar internasional dari UCI (Union Cycliste Internationale).

Fasilitas plaza JIV menjadi ruang publik baru yang dikelola Jakpro dengan karakter ramah lingkungan.

Dengan konsep city for human, Jakpro terus mendukung mobilitas yang mengurangi polusi udara seperti bersepeda, transportasi publik termasuk LRT Jakarta yang dikelola Jakpro Group.

"Dengan kegiatan ini, mulai dari mereka yang sepeda bekas sampai yang mahal sekalipun bisa bersatu untuk menikmati hobi ini. Tidak lupa kami mengajak para komunitas pesepeda untuk jadi agen perubahan: tertib lalu lintas, berbagi jalan, pengurangan sampah dan menjaga keindahan venue," katanya.

Baca: Ujicoba Venue Velodrome Untuk Asian Games 2018 Undang Komunitas Sepeda

Baca: Komunitas Sepeda Desak Pemprov DKI Tingkatkan Perlindungan Pesepeda di Jalan Raya

Baca: Komunitas Sepeda Ontel Ikut Meriahkan Gowes Asik

Penulis: Joko Supriyanto
Editor:
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved