Memasuki Musim Hujan, Pemkot Jakarta Selatan Gelar Apel Akbar di Blok S

Memasuki musim penghujan, Pemkot Jaksel mengumpulkan semua jajaran untuk memastikan kesiapan personil dan peralatan.

Memasuki Musim Hujan, Pemkot Jakarta Selatan Gelar Apel Akbar di Blok S
Istimewa
WALI Kota Jakarta Selatan Marullah Matali mengecek peralatan di sela-sela Apel Siaga Hadapi Musim Hujan di Lapangan Blok S, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (1/11/2018). 

MENJELANG datangnya musim hujan, Pemerintah Kota Jakarta Selatan mengumpulkan semua jajaran untuk memastikan kesiapan personil dan peralatan.

Bertempat di Lapangan Blok S, Kebayoran Baru, Kamis (1/11/2018), seluruh SKPD berkumpul dalam kegiatan Apel Siap Siaga Hadapi Musim Penghujan.

Wali Kota Jakarta Selatan, Marullah Matali berkeliling ke barisan peserta dan menanyakan kesiapan mereka dalam melakukan pencegahan maupun penanganan jika terjadi genangan atau musibah longsor.

Usai berkeliling, Marullah mengatakan, secara umum, alat yang dimiliki oleh para SKPD tersebut telah siap digunakan untuk menghadapi musim penghujan.

PESERTA Apel Siaga Hadapi Musim Hujan dari jajaran Pemkot Jakarta Selatan di Lapangan Blok S, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (1/11/2018).
PESERTA Apel Siaga Hadapi Musim Hujan dari jajaran Pemkot Jakarta Selatan di Lapangan Blok S, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (1/11/2018). (Istimewa)

“Tadi saya sudah tinjau alat yang disiapkan oleh masing-masing SKPD untuk tanggap bencana, seperti mobil dapur umum, tenda dari Sudin Sosial. Lalu ada alat rescue dari Sudin Gulkarmat, dan Pompa Mobile dari Sudin SDA. Hasilnya mereka sudah siap," kata Marullah.

Pada musim penghujan tahun lalu, genangan masih terjadi di sejumlah wilayah di Jaksel. Terutama di bantaran Sungai Ciliwung semisal Pejaten Timur, Rawajati, Pengadegan atau sejumlah kelurahan di Kecamatan Tebet.

Marullah menjelaskan, hingga saat ini Pemerintah Kota Jakarta Selatan selalu berupaya mengidentifikasi beberapa tempat tertentu, yang mungkin menjadi titik rawan bahaya saat memasuki musim penghujan ini.

"Terkait dengan longsor, banjir, dan sejenisnya, enggak ada yang bisa memprediksi lagi-lagi. Tapi kita mengidentifikasi ada beberapa tempat tertentu yang menjadi rawan akan hal tersebut," terangnya.

Marullah juga mengimbau kepada semua pihak untuk kompak dan selalu meningkatkan kewaspadaannya untuk hadapi musim penghujan.

“Kewaspadaan ini harus terus ditingkatkan, jangan sampai lengah. Secara garis besar Pemkot Jakarta Selatan siap hadapi musim penghujan,” tuturnya.

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved