Breaking News:

Pesawat Jatuh

Black Box yang Ditemukan Diduga Flight Data Recorder

Kepala KNKT Soerjanto Tjahjono mengungkapkan salah satu dari dua black box yang berhasil ditemukan dari dasar laut merupakan Flight Data Recorder.

ISTIMEWA
Black box pesawat Lion Air PK-LQP JT 610 ditemukan di perairan Karawang, Jawa Barat, Kamis (1/11/2018) pagi. 

Proses pencarian black box atau kotak hitam Lion Air PK-LQP selama berhari-hari akhirnya membuahkan hasil.

Diduga black box itu merupakan Flight Data Recorder (FDR) alias data penerbangan.

Kepala Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono mengungkapkan salah satu dari dua black box yang berhasil ditemukan dari dasar laut merupakan Flight Data Recorder (FDR).

“Ini kemungkinan besar adalah Flight Data Recorder. Kami nanti sampai di lab baru tahu apakah ini FDR atau Cockpit Voice Recorder (CVR). Tapi kami cenderung lebih kemungkinan besar adalah Flight Data Recorder,” ucapnya, Kamis (1/11).

Soerjanto menceritakan FDR berisi mengenai rekaman data penerbangan seperti kecepatan, arah, ketinggian. Sehingga nantinya bisa diketahui penyebab insiden jatuhnya pesawat Lion Air PK-LQP.

Baca: Begini Kisah Marinir Temukan Black Box Lion Air PK-LQP di Dasar Laut Berlumpur

“Jadi sekali lagi dengan ditemukannya flight data recorder ini, kita bisa menguak misteri kenapa pesawat ini mengalami kecelakaan. Nah satu lagi masih kita usahakan untuk dicari,” sambungnya.

Soerjanto menegaskan apa yang diperoleh saat ini tidak lepas dari peran serta seluruh pihak terkait. Sehingga satu dari dua black box yang selama ini dicari, berhasil ditemukan oleh petugas gabungan.

“Pertama saya mengucapkan terima kasih atas kerjasamanya kepada Basarnas, BPPT, TNI, Polri, Pertamina. Kami sekali lagi mengucapkan terima kasih atas jerih payah semuanya bahwa akhirnya kita hari ini, pagi tadi menemukan salah satu dari dua black box yang terpasang di pesawat,” katanya.

Baca: Black Box Ditemukan, Bangkai Pesawat Lion Air PK-LQP Malah Bergeser ke Perairan Subang

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga memberikan apresiasi dengan adanya penemuan satu dari dua black box pesawat Lion Air PK-LQP yang jatuh di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat, Senin (29/10) silam.

“Saya atas nama Kementerian Perhubungan, atas nama pemerintah menghargai dan mengapresiasi tim dari Basarnas, KNKT, BPPT yang mendapatkan black box hari ini. Dengan diperolehnya alat bukti ini, kami harapkan kita bisa meneliti lebih jauh,” ungkapnya. (jhs)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Murtopo
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved