Seleksi CPNS 2018

BKN Pastikan Tak Ada 'Titipan' dalam Tes CPNS Tahun Ini

Sistem CAT diketahui sudah berjalan sejak 2008, menggantikan lembar jawaban komputer (LJK).

BKN Pastikan Tak Ada 'Titipan' dalam Tes CPNS Tahun Ini
WARTA KOTA/ANGGIE LIANDA PUTRI
Suasana sebelum mulai tes CAT untuk CPNS di Wali Kota Jakarta Barat. 

BADAN Kepegawaian Negara (BKN) menegaskan, pihaknya tidak menerima titipan dari siapa pun, dalam pelaksanaan seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini.

Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Fitri Wikandari mengatakan, tidak mungkin ada titipan, sebab seluruh tahapan penerimaan CPNS sudah mengggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT), sehingga dipastikan transparan.

"Enggak ada dari siapa pun (peserta titipan). Kita kan sudah menggunakan CAT, transparan. Tidak ada namanya titip-titipan itu, kita sudah menggunakan CAT BKN," ujar Fitri di Ruang MH Thamrin, Kantor Wali Kota Jakarta Barat, Kamis (1/11/2018).

Baca: Sebelum Diperiksa Terkait Kasus Ratna Sarumpaet, Amien Rais Minta Jokowi Copot Tito Karnavian

Sistem CAT diketahui sudah berjalan sejak 2008, menggantikan lembar jawaban komputer (LJK).

"Jadi pemerintah sudah mengubah sistem rekrutmen menjadi lebih transparan sejak tahun 2008. Kalau dulu kan menggunakan LJK, nah itu diduga masih memungkinkan ada pihak-pihak yang mengintervensi pejabat atau di luar itu sanak saudaranya," ungkap Fitri.

Namun, penerapan sistem CAT dalam penerimaan CPNS baru dilakukam menyeluruh secara nasional pada semua instansi sejak 2014 lalu.

Baca: Didesak Warga, Pekan Depan Kali Ciliwung Dikeruk

"Untuk global secara nasionalnya itu tahun 2014 kita menggunakan CAT. Tahun 2008 baru beberapa instansi saja yang kita galakan untuk menggunakan CAT, dan masih ada beberapa instansi yang menggunakan lembar LJK," katanya.

"Sejak tahun 2014 pure murni 100 persen kita menggunakan CAT. Tidak ada, tidak ada titip-titipan, tidak ada siapa pun karena di dalam pun kita steril areanya," tegas Fitri.

Tes CAT penerimaan CPNS berlangsung sejak 27 Oktober hingga 17 Novermber 2018, di Kantor Wali Kota Jakarta Barat. (*)

Penulis: Anggie Lianda Putri
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved