3 Tempat Pembuangan Sampah di Penjaringan Ditata Supaya Rapi

Sudin Lingkungan Hidup Jakarta Utara menata tiga tempat pembuangan sampah supaya bersih dan rapi.

3 Tempat Pembuangan Sampah di Penjaringan Ditata Supaya Rapi
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Seorang pekerja mengecat dinding tempat pembuangan sampah di Penjaringan, Jakarta Utara agar fasilitas itu lebih rapi dan bersih. 

SUKU Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Utara melakukan penataan terhadap tiga Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di Kecamatan Penjaringan. Penataan akan dilakukan secara bertahap satu per satu TPS.

Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) Lingkungan Hidup Kecamatan Penjaringan Matsani mengatakan saat ini pihaknya sedang melakukan penataan terhadap TPS Moa di Kelurahan Pejagalan.

“Penataan ini dilakukan biar terlihat indah dan rapi. Penataan berupa pemagaran, setelah itu baru nanti dilakukan pengecatan,” ungkap Matsani, Kamis (1/11/2018).

Setelahnya penataan akan dilanjutkan dengan menghiasi pagar berupa pot bunga gantung dan tanaman. Penataan tersebut diperkirakan selesai dalam waktu dekat karena sudah berlangsung sejak satu minggu yang lalu.

“Penataan sudah mau selesai, tinggal sedikit lagi lah, tinggal masang pot sama tanaman aja. Ini kan kurang lebih sudah jalan satu minggu,” sambungnya.

Setelah penataan TPS Moa selesai, penataan juga nantinya akan menyasar TPS yang lain, yakni TPS Muara Baru dan Muara Angke. Proses penataan dilakukan secara bertahap satu per satu.

“Besok rencananya turap dulu, pakai dolken, tanam beberapa dolken, baru pasang. Jadi untuk nahan pagarnya biar kuat nahan beban,” katanya.

Nantinya pengawas di masing-masing TPS tersebut akan bertugas supaya penataan yang telah dilakukan tidak sia-sia. “Itu dipo kan ada penjaganya, dia nantinya yang mengawasi setiap hari, dia juga jaga kebersihan dipo,” katanya.

Matsani mengungkapkan pihaknya juga memiliki wacana untuk melakukan pemusnahan sampah dengan sistem komposter serta cacing. Sehingga bisa mengurangi volume sampah yang dihasilkan setiap harinya.

“Kami juga akan menerapkan program pemusnahan sampah komposter dan pakai cacing. Tapi itu nanti yah, belum sekarang ini, baru rencana,” ungkapnya.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved