Breaking News:

Tim Gabungan Perkuat Upaya Mencari Kotak Hitam Lion Air JT 610

Hingga kini tim gabungan belum menemukan kotak hitam (black box) pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh di perairan Karawang.

Penulis: Rangga Baskoro | Editor: Max Agung Pribadi
KOMPAS.com
Ilustrasi kotak hitam pesawat terbang. 

TIM gabungan hingga kini masih berupaya melakukan pencarian korban beserta serpihan puing pesawat Lion Air JT-610 yang jatuh di perairan Kerawang, Jawa Barat, Senin (29/10) lalu.

Direktur Kesiapsiagaan Deputi Bidang Operasi Pencarian dan Pertolongan, dan Kesiapsiagaan Basarnas, Didi Hamzar mengatakan pihaknya masih belum menemukan kotak hitam (black box) beserta badan pesawat yang diprediksi jatuh di kedalaman sekira 35 meter.

"Kami berharap dengan kami temukan badan pesawat, di situ lah kami temukan kotak hitam itu. Tapi kami fokus agar semuanya kami temukan," kata Didi di Kantor Basarnas, Selasa (30/10).

Penyisiran di permukaan laut lebih diutamakan agar tim nantinya bisa lebih fokus menemukan kotak yang berisi rekaman pembicaraan antara pilot dan pemandu lalu lintas udara atau air traffic control (ATC).

Didi menambahkan pencarian kotak hitam difokuskan di 4 titik penyelaman. Pencarian dilakukan dengan mengerahkan sebanyak 50 tim penyelam beserta sistem sonar pada unit alutsista.

Sedangkan pencarian di permukaan laut di fokuskan di 13 titik dengan mengerahkan 35 unit alutsista.

"Radius pencarian kami perluas jadi 10 nautical miles. Penyisiran dengan pembagian kapal dan penyelaman oleh tim penyelaman dari Basarnas special group dan marinir," jelasnya.

Hingga saat ini, tim gabungan sudah mengevakuasi 26 kantung jenazah. Sebanyak 2 kantung masih berada di atas Kapal Batu Dewa dan Baruna Jaya untuk segera diserahkan menuju RS Polri Kramat Jati.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved