Breaking News:

Pesawat Jatuh

Tim Penyelam Diperbanyak Guna Cari Korban Lion Air

Basarnas juga akan dibantu oleh KN SAR yang berasal dari Lampung, Bandung dan Semarang.

Warta Kota/Alex Suban
Petugas memeriksa kantong jenazah berisi potongan jenazah korban jatuhnya Pesawat Lion Air JT610 di dermaga Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (29/10/2018). 

Pencarian korban beserta puing pesawat Lion Air type B737-8 Max dengan Nomor Penerbangan JT-160 masih terus dilakukan di sekitar perairan Kerawang, Jawa Barat.

Setelah mengerahkan Kapal Pusat Hidro Oseanografi KRI Rigel, Basarnas juga akan dibantu oleh KN SAR yang berasal dari Lampung, Bandung dan Semarang, yang baru malam nanti akan riba di lokasi.

Selain itu, mereka juga mengerahkan sejumlah helikopter dan ROV (Remotely Operated Vehicles) beserta KRI.

"Helikopter 1 unit sudah kami kerahkan untuk pencarian, karena kalau di laut lebih banyak menggunakan alutsista laut. KN SAR baru satu, nanti dari Jakarta kita datangkan lagi dari Lampung maupun dari Bandung dan Semarang. Jadi 3 lagi. Mungkin malam nanti baru datang. Ada juga 1 Helikopter dari TNI dan KRI dengan peralatan lengkap juga menuju lokasi. Ada juga ROV tapi lebih lengkap di KRI," tutur Direktur Operasional Basarnas Brigjen TNI Bambang Suryo Aji di Kantor Basarnas, Senin (29/10).

Anggota tim pencarian korban difokuskan kepada penyelam guna mencari korban yang diduga terjebak di dalam laut dengan kedalaman 30-40 meter di bawah permukaan laut.

Pencarian pada malam hari akan dilakukan menggunakan peralatan modern.

"Dari semarang itu kurang lebih 40 menggunakan 4 kapal KN SAR. Lampung sekitar 17. Mereka kami prioritaskan untuk lebij banyak penyelamnya. Biae bisa shift pencarian 24 jam. ROV juga disitu disiapkan untuk mendeteksi adanya barang-barang yang ada di bawah, termasuk sonar. Itu lebih lengkap yang ada di KRI Rigel. Terutama, dalam kedalaman segitu dengan ROV saja sudah cukup," tuturnya.

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved