Beda Cara Jokowi dan Prabowo Sampaikan Pesan Sumpah Pemuda! Lebih Bermakna dan Kreatif Mana?

Calon presiden yang akan bertarung pada Pilpres 2019, Joko Widodo dan Prabowo Subianto menyampaikan pesan khusus kepada masyarakat Indonesia

Beda Cara Jokowi dan Prabowo Sampaikan Pesan Sumpah Pemuda! Lebih Bermakna dan Kreatif Mana?
istimewa
Jokowi-Prabowo 

DUA calon presiden yang akan bertarung pada Pilpres 2019, Joko Widodo dan Prabowo Subianto menyampaikan pesan khusus kepada masyarakat Indonesia dengan caranya masing-masing.

Jika Jokowi menyampaikan pesannya melalui karikatur, lain halnya dengan Prabowo yang menulis pesan pribadi.

Karikatur Sumpah Pemuda yang diunggah Jokowi ke dalam akun Instagramnya seolah-olah menonjolkan keberagaman yang dimiliki bangsa Indonesia.

Seperti diketahui, Indonesia terdiri dari ribuan pulau, berbagai suku, agama, ras dan kebudayaan yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Hal ini disimpulkan dari warna-warni, pakaian dan gaya yang ditampilkan dalam karikatur tersebut. Sebagian besar diantaranya berpose sambil mengepalkan dan mengacungkan jari tangan mereka.

Terdapat miniatur gambar bendera merah-putih, simbol 'love' dan kata 'Indonesia' pada bagian dada pakaian dalam karikatur tersebut.

Uniknya, jika dicermati lebih seksama, karikatur sekumpulan orang itu membentuk bagian kepala Jokowi yang memakai peci dan sedang menoleh ke arah samping.

Di bagian bawahnya ditulis kalimat, "SELAMAT HARI SUMPAH PEMUDA", dan "PRESIDEN JOKO WIDODO".

"Sembilan puluh tahun yang lalu, para pemuda menegaskan semangat terhadap cita-cita Indonesia yang merdeka. Hari ini, 28 Oktober 2018, saya mengajak para pemuda untuk bergandeng tangan memajukan Indonesia dengan semangat yang sama seperti para pemuda yang berikrar dalam Kongres Pemuda II tahun 1928 itu," Demikian tulis Jokowi pada caption unggahan Instagramnya, Minggu (28/10/2018).

Hingga pukul 21.18 WIB, unggahan Jokowi mendapatkan hampir 240 ribu tanggapan dan lebih dari 1.700 komentar dari followersnya.

Halaman
12
Penulis:
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved