Narkotika

Permudah Rehabilitasi Pengguna Narkoba, BNNK Jakarta Utara Luncurkan Sicare

“Kalau kita sudah melakukan itu berarti kita sudah menyelamatkan jiwa manusia dan itu nilai pahalanya luar biasa."

Permudah Rehabilitasi Pengguna Narkoba, BNNK Jakarta Utara Luncurkan Sicare
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Sosialisasi Pencegahan Narkoba dalam Rangka Hari Sumpah Pemuda dan peluncuran Website www.sicare.info di Kampung Muara Bahari, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (26/10/2018) 

WARTA KOTA, TANJUNG PRIOK--- Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Jakarta Utara meluncurkan situs www.sicare.info, di Kampung Muara Bahari, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (26/10/2018).

Situs itu berupa sistem aplikasi  pasca rehabilitasi dan informasi tentang narkotika.

Kegiatan peluncuran situs diawali dengan Jumat Keliling berupa para ibu rumah tangga menempelkan stiker anti-narkoba ke berbagai sudut gang dan persimpangan jalan di Kampung Muara Bahari.

Sedangkan para pemuda karang taruna Kampung Muara Bahari melaksanakan deklarasi peduli bersama gerakan anti narkoba yang berisikan ikrar untuk menjaga lingkungannya dari peredaran narkoba. 

Baca: BNNP DKI: Ada Tiga Diskotek di Jakarta Terindikasi Jual Narkoba

Bidang Rehabilitasi BNNK Jakarta Utara bekerjasama dengan Puskesmas Kecamatan Tanjung Priok memberikan layanan pemeriksaan Hepatitis C dan HIV gratis kepada 800 orang di Rumah Kreatif dan Inovatif Anak Muda Kampung Muara Bahari. 

Kepala BNN Kota Jakarta Utara, Yuanita Amelia Sari mengatakan, peluncuran laman tersebut untuk mempermudah ibu-ibu mendaftarkan kegiatan rehabilitasi orang-orang terdekat yang menjadi pengguna narkoba.

Mereka yang mendaftar di website dijamin  kerahasiaannya.

“Kalau kita sudah melakukan itu berarti kita sudah menyelamatkan jiwa manusia dan itu nilai pahalanya luar biasa," kata Yuanita, di Kampung Muara Bahari, Jumat (26/10/2018).

"Dengan peluncuran Si Care dan semangat Sumpah Pemuda, jadi semangat kita bersama sebagai generasi penerus bangsa untuk melindungi dari peredaran gelap narkoba,” ujarnya lagi.

Baca: BNNP Tak Temukan Bukti Pihak Diskotek Old City Ikut Edarkan Narkoba, Cuma Lemah Pengawasan

Camat Tanjung Priok, Syamsul Huda mengatakan, berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh berbagai pihak di Rumah Kreatif dan Inovatif Anak Muda yang dilaksanakan rutin secara tidak langsung membentengi generasi muda dari bahaya narkoba.

“Kita semua menginginkan Kampung Muara Bahari ini tertib, jangan ada lagi daerah yang namanya Pela-Pela, Kebon Pisang, kampung narkoba, yang imejnya tidak baik menjadi baik,” ucap Huda.  

Kapolsek Tanjung Priok, Kompol Supriyanto mengatakan, berbagai kegiatan masyarakat yang rutin digelar serta kekompakan warga dapat membuat gentar para pengedar narkoba untuk kembali melakukan kegiatannya.

“Dengan adanya kegiatan seperti, alhamdulillah mudah-mudahan ke depannya akan lebih baik lagi. Mereka (pengedar) nggak akan berani berbuat apa-apa,” ucapnya.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved