Breaking News:

Turap Longsor, Enam Bangunan di Pinggir Kali Tubagus Angke Rubuh

Lurah Pejagalan Yogara Fernandez mengatakan, bangunan yang rubuh merupakan warung semi permanen yang berada di bantaran kali.

WARTA KOTA/JUNIANTO HAMONANGAN
Enam unit bangunan di pinggir Kali Tubagus Angke, di Jalan Jembatan Gambang Raya RT 019/RW 01, Pejagalan, Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa (23/10/2018) rubuh. 

SEBANYAK enam unit bangunan di pinggir Kali Tubagus Angke, Jalan Jembatan Gambang Raya RT 19/01, Pejagalan, Penjaringan, Jakarta Utara, rubuh, Selasa (23/10/2018). Peristiwa itu disebabkan longsornya turap di lokasi tersebut.

Lurah Pejagalan Yogara Fernandez mengatakan, bangunan yang rubuh merupakan warung semi permanen yang berada di bantaran kali. Sebab, lokasi tersebut merupakan eks JU yang telah dihapus pada 2014 silam.

“Ada enam bangunan yang rubuh sekitar pukul 16.15 WIB. Bangunan yang rubuh terdiri dari warung sembako, warung makan, tempat fotokopi, dan tukang kelapa,” ungkapnya, Rabu (24/10/2018).

Enam unit bangunan di pinggir Kali Tubagus Angke, di Jalan Jembatan Gambang Raya RT 019/RW 01, Pejagalan, Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa (23/10/2018) rubuh.
Enam unit bangunan di pinggir Kali Tubagus Angke, di Jalan Jembatan Gambang Raya RT 019/RW 01, Pejagalan, Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa (23/10/2018) rubuh. (WARTA KOTA/JUNIANTO HAMONANGAN)

Menurut Yogara, total ada 15 bangunan yang berada di lokasi tersebut, namun hanya enam bangunan saja yang rubuh. Beruntung peristiwa itu tidak sampai menelan korban jiwa maupun luka.

“Penyebab bangunan rubuh karena longsornya turap Kali Tubagus Angke. Kerugian materi ditaksir mencapai Rp 40 juta,” katanya.

Yogara mengaku pihaknya langsung mengerahkan 50 personel petugas gabungan dari PPSU, Satpol PP, Dinas SDA, dan Sudin LH ke lokasi, untuk membantu proses pemindahan barang-barang pemilik warung yang rubuh.

“Penanganan selanjutnya kami berkoordinasi dengan Pengawas Dinas SDA untuk usulan perbaikan turap yang rusak,” jelasnya. (*)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved