Putar Lagu Kebangsaan Korut Saat Korsel Bartanding Lawan Yordania, AFC Minta Maaf

Asosiasi Sepak Bola Korsel, Selasa (23/10/2018), menekankan akan mengajukan protes resmi kepada Konfederasi Sepak Bola Asia.

Putar Lagu Kebangsaan Korut Saat Korsel Bartanding Lawan Yordania, AFC Minta Maaf
the-afc.com
Piala AFC U-19 2018 

TIMNAS Korea Selatan U-19 sempat kebingungan saat hendak tampil melawan Jordania dalam pertandingan Grup C Piala Asia U-19, di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Senin (22/10/2018).

Sebab, panitia penyelenggara memutar lagu kebangsaan Korea Utara saat mereka berbaris di lapangan.

Dilaporkan AFP, Selasa (23/10/2018), para pemain tampak berbaris sambil meletakkan tangan mereka di dada.

Baca: Tak Mau Rujuk dengan Vicky Prasetyo, Angel Lelga: Saya Tidak Mau Masa Depan Saya Enggak Baik

Namun, yang diputar bukanlah himne Korsel "Aegukga", melainkan lagu kebangsaan Korut. Insiden tersebut sukses membuat para pemain canggung dan terdiam sesaat.

Staf pelatih Korsel langsung menghampiri panitia dan meminta untuk menggantinya. Lagu kebangsaan Korsel diputar beberapa saat kemudian.

Kendati demikian, Timnas Korsel tetap mengajutan protes seusai pertandingan malam itu. Maklum, kejadian tertukarnya lagu kebangsaan kedua negara itu baru terjadi untuk pertama kalinya.

Baca: Mengadu ke DPRD Kabupaten Tangerang, Guru Honorer Minta Naik Gaji Segini

Asosiasi Sepak Bola Korsel, Selasa (23/10/2018), menekankan akan mengajukan protes resmi kepada Konfederasi Sepak Bola Asia.

"Ini adalah kali pertama lagu kebangsaan Korea Utara diputar dan bukannya Aegukga di pertandingan resmi internasional di semua level," ungkap Asosiasi Sepak Bola Korsel.

Meski ada insiden tersebut, Korsel tetap mampu mengalahkan Jordania dengan skor 3-1.

Baca: Tercemar Lagi, Dinas Lingkungan Hidup Minta Kali Bekasi Direstorasi

Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) akhirnya mengaku salah atas insiden tersebut, dan penyelidikan atas kesalahan itu telah dilakukan.

"AFC meminta maaf kepada tim Republik Korea dan Asosiasi Sepak Bola Korea, dan AFC akan mengambil langkah yang tepat untuk memastikan kesalahan ini tidak terulang lagi," demikian pernyataan AFC di laman the-afc.com. (*)

Penulis: Yaspen Martinus
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved