Jokowi: Dana Kelurahan untuk Rakyat, Kok Rame?

Presiden Joko Widodo meminta semua pihak tidak selalu menghubungan seluruh program pemerintah dengan urusan politik.

Jokowi: Dana Kelurahan untuk Rakyat, Kok Rame?
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/foc
Presiden Joko Widodo (ketiga kiri) didampingi (kiri ke kanan) Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Dirut GBK Winarto, Menteri Sosial Agus Gumiwang, Mensesneg Pratikno, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau fasilitas umum untuk masyarakat berkebutuhan khusus di Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (16/10/2018). 

PRESIDEN Joko Widodo meminta semua pihak tidak selalu menghubungan seluruh program pemerintah dengan urusan politik.

‎Hal tersebut disampaikan Jokowi terkait rencana pemerintah menyalurkan dana kelurahan pada tahun depan, tetapi menjadi ramai di dunia politik Tanah Air.

Jokowi menjelaskan, dana kelurahan diperuntukkan rakyat dalam memperbaiki jalan di kampung, memperbaiki saluran air dan lain-lainnya.

Baca: Mayat Mr X Mengambang di Pinggir Sungai Cisadane Kampung Bekelir Tangerang

"Tapi kok rame? ‎Ini kan semuanya komitmen pemerintah untuk masyarakat, untuk rakyat, bukan untuk siapa-siapa, jangan dihubung-hubungkan dengan politik, dikit-dikit dihubungkan politik, enggak rampung-rampung kita ini," tutur Jokowi seusai menyerahkan sertifikat tanah di Lapangan Bola Ahmad Yani, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Selasa (23/10/2018) sore.

"Padahal kan kehidupan tidak hanya politik saja, ada sosial, ada ekonomi, ada budaya, semuanya ada, kenapa setiap hal dihubungkan dengan politik?" sambung Jokowi.

‎Menurut Jokowi, kelurahan juga membutuhkan dana dari pemerintah, di mana dana desa yang telah dijalankan hanya untuk kabupaten.

Baca: Polri Sebut Kampanye Negatif Boleh Dilakukan Asal Tak Ada yang Komplain dan Merasa Dirugikan

Padahal di Indonesia juga memiliki hampir 100 kota yang tersebar dari Sabang sampai Marauke, dari Miangas hingga Pulau Rote.

"Oleh sebab itu, bukan hanya desa saja ada dana desa, tapi kelurahan juga membutuhkan untuk memperbaiki selokan, memperbaiki jalan di kampung-kampung, sehingga tahun depan akan ada dana kelurahan," papar Jokowi. (Seno Tri Sulistiyono)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved