VIDEO: Ini Cara Satgas TMMD Depok Sisir Kali Baru Gunakan Gedebong Pisang

Dengan duduk di satu batang pisang bersama-sama hingga memperoleh keseimbangan, keduanya mengarungi aliran Kali Baru

ADA hal unik dan kreatif yang dilakukan Prada Muhatir dan Prada Faisal, dua personel Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 103 di Depok, dalam menyisir sampah di aliran Kali Baru, RW 10, Kelurahan Cipayung Jaya, Depok.

Keduanya menggunakan batang pisang atau gedebong pisang yang patah sebagai pengganti sampan atau perahu.

Dengan duduk di satu batang pisang bersama-sama hingga memperoleh keseimbangan, keduanya mengarungi aliran Kali Baru, sedalam satu setengah meter tersebut, Selasa (23/10/2018) siang.

Prada Muhatir berada di batang pisang bagian depan dengan membawa arit dan Prada Faisal di batang pisang bagian belakang dengan membawa cangkul.

Mereka akan membersihkan sampah di wilayah aliran kali yang penuh sampah. Aksi kedua personel Satgas TMMD ini sempat mengundang perhatian warga sekitar.

Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim Depok, Kapten Inf Ibrahim menuturkan tugas utama Satgas TMMD di Kali Baru, Cipayung, sebenarnya adalah pengerukan sedimentasi tanah secara manual.

"Namun, karena banyaknya sampah di aliran kali akibat hujan deras dan meningkatnya volume air kali, personel Satgas TMMD juga berinisiatif melakukan pembersihan sampah, meski itu bukan tugas utama mereka di TMMD ini" kata Ibrahim.

Ia menjelaskan sejak Selasa pagi tugas Satgas TMMD di Kali Baru, bertambah. Mereka bukan hanya melakukan pengerukan sedimentasi tanah di dasar Kali Baru, tetapi juga menjaring dan menangkap sampah yang semakin banyak melintas di aliran Kali Baru.

Sebab hujan deras sejak Senin (22/10/208) malam, membuat volume air Kali Baru meningkat. Hal ini juga membuat volume sampah yang terbawa aliran sungai, lebih banyak atau bertambah berkali lipat.

Pantauan Warta Kota, Selasa (23/10/2018) siang, sebagian anggota Satgas TMMD tampak menangkap sampah yang terbawa aliran Kali selain terus melakukan pengerukan.

Halaman
12
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved