Pentingnya Nutrisi dari Ikan, Bisa Mencegah Anak Stunting

Ikan sebenarnya bisa dijadikan pilihan utama penduduk negara maritim seperti Indonesia untuk mencegah stunting.

Pentingnya Nutrisi dari Ikan, Bisa Mencegah Anak Stunting
Independent
Ilustrasi ikan segar 

WARTA KOTA, PALMERAH---Salah satu sumber makanan yang melimpah di Indonesia adalah ikan.

Dengan kandungan nilai gizi yang tinggi, ikan sebenarnya bisa dijadikan pilihan utama penduduk negara maritim seperti Indonesia untuk mencegah stunting.

Stunting merupakan kondisi kekurangan gizi yang ditandai dengan tubuh pendek atau kerdil serta tingkat kecerdasan kognitif yang rendah.

Stunting bisa terjadi karena janin yang kurang mendapat asupan nutrisi sejak berada di dalam kandungan hingga memasuki masa pertumbuhan.

Stunting di Indonesia disinyalir disebabkan oleh ketidakpahaman masyarakat terhadap sumber makanan yang penting untuk dikonsumsi.

"Kesadaran masyarakat Indonesia untuk mengonsumsi ikan masih sangat rendah. Padahal ikan merupakan salah satu makanan murah, mudah dijumpai, dan memiliki kandungan nutrisi yang tinggi," kata Direktur Gizi Masyarakat Kementerian Kesehatan RI, Doddy Izwardy, dalam diskusi publik di Gedung Kementerian Kesehatan, Jakarta Selatan, Kamis (11/10/2018).

Kementerian Kesehatan, bekerja sama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan mengajak masyarakat lebih memahami kandungan protein yang terkandung dalam ikan.

Kampanye untuk rajin mengonsumsi ikan ini ditujukan kepada para ibu hamil.

Selain itu anak-anak kecil yang sudah bisa mengonsumsi makan padat juga harus dibiasakan memakan ikan.

"Target utama kami adalah ibu hamil dan anak-anak. Kami ingin memecah mata rantai stunting sejak anak masih berupa janin. Stunting adalah penyakit multisektor.

Halaman
12
Penulis: Gopis Simatupang
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved