Ade Fitrie Kirana : Ayo Kita Jaga Dan Pelihara Persatuan Indonesia Agar Tidak Bisa Dipecah Belah

Dengan menjaga erat persatuan kebangsaan, maka Indonesia akan menjadi kuat dan tak akan mudah dipecah belah oleh siapapun

WARTA KOTA, CIPUTAT  ----- Fungsi dan peran mahasiswa sangatlah penting dalam menjaga ikatan yang kokoh antar sesama komponen bangsa yang pada akhirnya akan memperkokoh ikatan kebangsaan dalam ketahanan nasional, pemuda atau mahasiswa juga selalu berkontribusi secara faktual sebagai bentuk implementasi semangat bela negara, yang selalu memberikan andil besar menggerakkan heroisme, ini dikemukakan oleh Wasekum Hippi, saat menjadi pembicara pada acara Grand Opening HTN 2018 dan Diskusi Publik Yang diselenggarakan oleh UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Senin (22/10/2018).

20181022 Diskusi Publik & Grand Opening HTN Festival 2018
Diskusi Publik & Grand Opening HTN Festival 2018 (ist)

Sehubungan dengan itu, menurut Ade Fitrie, cerminan sikap dan pola pikir warga negara termasuk mahasiswa sangat dipengaruhi bagaimana pemahaman terhadap kebangsaan.

Semangat dan wawasan kebangsaan merupakan motivasi untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia, namun sangat disayangkan kini masyarakat sudah kurang peka bahkan cenderung tidak memperdulikan lagi dan ini sangat memprihatin-kan.

Ditambahkannya kondisi politik juga sangat mempengaruhi kondisi politik bangsa Indonesia saat ini, demikian juga dengan juga dengan kondisi ekonomi, sulitnya dalam mendapatkan lapangan pekerjaan membuat jumlah pengangguran meningkat.

20180819 Adefitrie Kirana
Adef Ftrie Kirana (dokpri)

Akibatnya terjadi kesenjangan ekonomi yang cukup dalam berpotensi menimbulkan terjadinya pertikaian dan tindak kriminalitas yang semakin meningkat.

Selanjutnya wanita berhijab ini berpendapat bahwa semua ancaman itu akan akan berpengaruh tidak saja terhadap ketahanan nasional, tapi juga di bidang Ideologi, Politik, Ekonomi, Sosial Budaya, dan Teknologi.

"Jika kita bisa menerima perbedaan sebagai sesuatu hal yang lumrah maka inshaa Allah ikatan erat sesama anak bangsa tidak akan dapat dipecah belah, justeru kita akan semakin lebih kuat, terlebih dalam konstelasi politik seperti sekarang ini", ujar perempuan uang mempunyai nama asli Raden Siti Fitrie Kirana ini.

20181022 Diskusi Publik & Grand Opening HTN Festival 2018
Diskusi Publik & Grand Opening HTN Festival 2018 (ist)

Merupakan sebuah kenyataan bahwa pihak pihak yang tidak senang dengan kamajuan Indonesia berusaha untuk mencari celah di antara perbedaan suku, ras, agama, bahasa atau melalui berbagai cara, karena itu bangsa Indonesia harus mengedepankan nilai kebangsaan yang berBhinneka Tunggal Ika.

"Musuh selalu coba untuk mengalihkan sebuah bangsa dari koridor Identitasnya agar mudah melakukan intervensi di berbagai lini kehidupan kita", tambahnya.

Dalam kesempatan itu juga,  Ade Fitrie Kirana yang dikenal aktif di sejumlah organisasi berharap para pemuda dapat memberikan ketauladanan dengan mengedepankan toleransi dan keharmonisan dalam kehidupan bermasyarakat.

20181022 Diskusi Publik & Grand Opening HTN Festival 2018
Diskusi Publik & Grand Opening HTN Festival 2018 (ist)

”Mahasiswa harus mampu mengembangkan inovasi dan menghargai kearifan lokal agar bangsa ini tidak ketergantungan terhadap nilai-nilai asing, saya berharap di tahun politik ini mari kita bisa menunjukkan bahwa ikatan kebangsaan kita tidak dapat di pecah belah siapapun”, ungkapnya.

Dalam acara Grand Opening HTN 2018 dan Diskusi Publik ini, dibuka oleh Jimly Asshidiqie M.H ( ketua ICMI dan MA 2003-2008) dan menghadirkan sejumlah narasumber yakni, Rieke Diah Pitaloka, M HUM ( anggota DPR komisi VI), Mushtofa B Nahrawardaya,  S.PD (koordinator indonesia crime analysts forum), Raden Siti Fitrie Kirana, SE (Wakil Sekertaris Umum HIPPI),Irma Suryani chaniago, SE ( anggota DPR RI komisi IX) dan Prof DR R Zuhro, MA (Pengamat politik Lipi)

Penulis: Nur Ichsan
Editor: M Nur Ichsan Arief
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved