Antisipasi Pengunjung Terkena Senagatan Ubur-ubur, Ancol Siapkan Lifeguard 24 Jam

Jenis ubur-ubur yang di Pantai Ancol ada dua jenis yaitu Phyllorhyza sp (Spotted Jelly) dan Catostylus sp (Jelly Blubber).

Antisipasi Pengunjung Terkena Senagatan Ubur-ubur, Ancol Siapkan Lifeguard 24 Jam
Warta Kota/Panji Baskhara Ramadhan
Pengelola Ancol menyiapkan lifeguard selama 24 jam di sekitar Pantai Ancol, untuk menjaga keamanan dan kenyaman pengunjung. 

WARTA KOTA, PADEMANGAN--- Ubur-ubur yang berenang bebas di sekitar Pantai Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, menjadi perhatian pengunjung taman hiburan tersebut.

Meskipun keberadaan ubur-ubut tidak terlalu membahayakan pengunjung, akan tetapi pengelola Taman Impian Jaya Ancol menyiapkan lifeguard yang berjaga 24 jam penuh.

"Pengunjung masih diperbolehkan berenang di Pantai Ancol. Tetapi, apabila ketemu ubur-ubur jangan disentuh. Diusahakan preventif," ucap General Manager Taman Impian Jaya Ancol, Sunarto di Seaworld Ancol, Sabtu (20/10/2018)

"Perihal muncul ubur-ubur karena memasuki di musim panas, sehingga tidak bisa dicegah. Maka dari itu, kami tak hanya memasang plang imbauan untuk pengunjung tapi juga siapkan lifeguard 24 jam,"  katanya lagi.

Baca: Penjelasan Peneliti Plankton Mengenai Ubur-Ubur di Pantai Ancol Jakarta Utara

Kemunculan ubur-ubur sebagai salah satu biota laut telah didata oleh pihak Ancol. Ubur-ubur tersebut muncul saat musim panas.

Dia berharap, para pengunjung tidak menyentuh ubur-ubur tersebut.

"Jadi record kita pada setiap musim tertentu ubur-ubur akan muncul, pada bulan-bulan yang musim kering serta panas biasanya. Itu bisa dihindari," katanya.

"Maka itu, selain menyiapkan lifeguard 24 jam, serta memasang plang imbauan, kami bakalan memasang pembatas (Barrier) antara laut dan tepian. Pembatas itu akan berbentuk jaring ya, dan dipastikan air masih dapat keluar masuk," ucap Sunarto.

Sementara, pihak Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sendiri belum menentukan secara pasti penyebab kemunculan ubur-ubur di pantai Ancol. LIPI akan terus koordinasi untuk mencari tahu penyebab ubur-ubur muncul di sekitar Ancol.

Baca: Pertolongan Pertama saat Tersengat Ubur-Ubur, Begini Cara Melakukannya

"Kami belum dapat memastikan kepastian apa yang jadi penyebab mereka hadir di sana, kami dapatkan banyak sampel, informasi dari ancol, dan data itu ialah informasi yang vital," ucap Peneliti Plankton Laut Puslit Oseanografi LIPI, Arief Rachman.

Halaman
12
Penulis:
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved