Breaking News:

Warga DKI Bergaji di Bawah UMP Bisa Cicil Rumah Susun Selama 20 Tahun

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan menyiapkan skema lain yang bisa merangkul warga dengan gaji di bawah UMP.

Editor: Yaspen Martinus
Warta Kota/Adhy Kelana
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan pengecekan daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2019 saat menghadiri acara Gerakan Pengecekan DPT Serentak di Seluruh Wilayah DKI Jakarta di Kelurahan Cilandak Barat, Jakarta, Rabu (17/10). 

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan menyiapkan skema lain yang bisa merangkul warga dengan gaji di bawah UMP.

Sebab, syarat perbankan untuk bisa mengikuti program DP nol rupiah hanya bagi mereka yang bergaji Rp 4 juta hingga Rp 7 juta per bulan.

Hal itu tertuang dalam Peraturan Gubernur Nomor 104 Tahun 2018 tentang Fasilitas Pembiayaan Perolehan Rumah Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah.

Baca: Rumah DP Nol Rupiah Hanya untuk Warga Bergaji Minimal Rp 4 Juta per Bulan

Isinya, warga berpenghasilan rendah bisa memiliki rusunawa dengan jangka waktu 20 tahun penyewaan.

"Bagi mereka yang di bawah UMP, programnya adalah menyewa untuk memiliki rusunawa, mereka menyewa. Nanti setelah digunakan selama 20 tahun, maka rumah susun itu bisa menjadi miliknya. Statusnya sewa beli," jelas Anies Baswedan di kawasan Ciputat, Tangerang Selatan, Rabu (17/10/2018).

Selain menjaga, merawat, dan mencicil dengan baik, insentifnya adalah mereka bisa memiliki hak atas hunian yang dia tempati setelah 20 tahun menyewa.

Baca: DPR Usul Ibu Kota Sulawesi Tengah Dipindahkan dari Palu

Hal ini adalah solusi alternatif bagi warga berpenghasilan rendah yang punya cita-cita memiliki hunian atas namanya sendiri.

Skema tersebut bukan seperti yang selama ini diterapkan, yaitu warga menyewa namun tanpa bisa memiliki.

"Coba kalau mereka hanya sewa saja seperti yang selama ini ada, tanpa bisa memiliki, maka untuk apa merawat dengan baik, untuk apa nyicil dengan baik, toh ujungnya bukan punya saya. Ini yang kita dorong," papar Anies Baswedan. (Danang Triatmojo)

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved