VIDEO: Jaringan Sabu Cair Iran dan Spanyol Diciduk di Bandara

"Berdasarkan image x-ray, koper yang bersangkutan menimbulkan kecurigaan petugas," ucapnya.

Bea Cukai dan Polresta Bandara Soekarno Hatta, Tangerang berhasil membongkar jaringan narkotika internasional. Sindikat tersebut melibatkan dua orang warga negara asal Spanyol dan Iran.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Kepala Kantor Bea Cukai Bandara Soetta, Erwin Situmorang. Ia menjelaskan mengenai ikhwal penangkapan tersebut.

"Ini kasus unik, biasanya peredaran narkotika dari Malaysia dan Nigeria masuk ke Indonesia. Kali ini melibatkan tersangka dari Spanyol dan Iran," ujar Erwin saat dijumpai di Gedung Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Kamis (18/10/2018).

Petugas awalnya mengamankan pria berinisial FC (54) warga negara asal Spanyol. Pelaku dibekuk di Bandara Soetta pada Minggu (7/10/2018) saat menumpangi pesawat Malaysia tujuan Jakarta.

"Berdasarkan image x-ray, koper yang bersangkutan menimbulkan kecurigaan petugas," ucapnya.

Setelah dilakukan pemeriksaan pada koper tersebut, ditemukan satu bungkus plastik yang berisikan butiran - butiran kristal bening.

"Setelah dilakukan pemeriksaan, ternyata barang itu positif narkotika jenis sabu," kata Erwin.

Erwin menyebut pihaknya pun berkoordinasi dengan jajaran Polresta Bandara Soetta guna melakukan pengusutan terkait kasus ini. Kemudian petugas melakukan pengembangan.

"Dari hasil pengembangan, sabu itu akan dikirim ke Bandung. Ini sabu cair," ungkap Kapolresta Bandara Soetta, Kombes Vicktor Togi Tambunan.

Polisi pun mengamankan pelaku lainnya yakni EA (38) warga negara asal Iran. EA diringkus di kamar apartemen dan aparat menyita sejumlah barang bukti lainnya.

"Kami menyita lebih dari 2 kg sabu. Dan juga alat produksinya. Barang ini rencananya memang akan diedarkan di Indonesia," paparnya. (dik)

Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved