Breaking News:

Sejumlah 15 Penyelam Kepulauan Seribu Tingkatkan Kompetensi untuk Disertifikasi

Diperlukan standar yang diberlakukan kepada Pemandu Wisata Selam melalui sertifikat kompetensi BNSP.

Penulis:
Editor: Gede Moenanto
Dok Kominfo Kabupaten Kepulauan Seribu
Penyelam yang berasal dari resort Kepulauan Seribu melakukan uji penyelaman dalam rangkaian sertifikasi bidang Kepemanduan Wisata Selam di perairan Pulau Pramuka, Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Kepulauan Seribu pada Rabu (17/10/2018). 

Guna meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) dalam sektor pariwisata, khususnya Bidang Kepemanduan Wisata Selam, LSP Pramindo dan Kementerian Pariwisata, Asdep Pengembangan SDM Pariwisata dan Hubungan Antar Lembaga, Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kepariwisataan menghelat Fasilitasi Sertifikasi Uji Kompetensi Sektor Pariwisata di Pulau Pramuka.

Tim Percepatan Pengembangan Wisata Bahari Kemenpar RI Bidang 3 Diving, Agus Widayanto mengatakan, dengan maraknya wisata Selam di Indonesia khususnya pada Destinasi Pariwisata Kepulauan Seribu dan adanya kasus kecelakaan penyelaman, maka diperlukan standar yang diberlakukan kepada Pemandu Wisata Selam melalui Sertifikat Kompetensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

BNSP merupakan lembaga yang dibentuk melalui Perpres untuk meningkatkan kompetensi profesi semua bidang di Indonesia itu menggelar sertifikasi selama dua hari, yakni mulai dari tanggal 16-17 Oktober 2018 yang diikuti sebanyak 15 penyelam Kabupaten Kepulauan Seribu.

"Ini mengacu kepada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia, Keputusan Menteri Tenaga Kerja Nomor 36 Tahun 2016 tentang Kepemanduan Wisata Selam dan Peraturan Menteri Pariwisata Nomor 7 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Wisata Selam Rekreasi," ujar Agus, Rabu (17/10/2018).

Ia menjelasakan, sertifikat ini akan berlaku selama 3 tahun kedepan dan akan diperbaharui melalui assesment pembaharuan dan adanya peningkatan kompetensi yang dimiliki.

"Kegiatan ini akan terus berkelanjutan, yang menekankan kepada Human Capitol (ekonomi, Skills, Budaya, kesehatan, kesejahteraan dll)," terangnya.

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Kepulauan Seribu, Iwan P Samosir menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan tersebut. Karena ini adalah salah satu bentuk pengembangan sumber daya di Kabupaten Kepulauan Seribu.

"Mudah-mudahan ke depannya, para pelaku wisata di Kepulauan Seribu lebih profesional dibidangnya dalam memandu wisatawan yang berkunjung," jelasnya.

Penyelam yang berasal dari resort Kepulauan Seribu melakukan uji penyelaman dalam rangkaian sertifikasi bidang Kepemanduan Wisata Selam di perairan Pulau Pramuka, Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Kepulauan Seribu pada Rabu (17/10/2018).
Penyelam yang berasal dari resort Kepulauan Seribu melakukan uji penyelaman dalam rangkaian sertifikasi bidang Kepemanduan Wisata Selam di perairan Pulau Pramuka, Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Kepulauan Seribu pada Rabu (17/10/2018). (Dok Kominfo Kabupaten Kepulauan Seribu)
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved