Layanan Publik, Bikin dan Perpanjangan Paspor di Mal di Jakarta Barat

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non TPI Jakarta Barat akan membuka gerai Unit Layanan Paspor Wilayah I di Lippo Mall Puri.

Penulis: | Editor:
Warta Kota/Henry Lopulalan
Ilustrasi pemohon pembuatan paspor. 

WARTA KOTA, PALMERAH---Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non TPI (Tempat Pemeriksaan Imigrasi) Jakarta Barat akan membuka gerai Unit Layanan Paspor Wilayah I di Lippo Mall Puri, Kembangan, Jakarta Barat.

Layanan ini, diawali dengan penandatanganan MoU antara Lippo Mall Puri dan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non TPI Jakarta Barat pada hari ini di Atrium Utama Lippo Mall Puri.

"Pihak Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non TPI Jakarta Barat, segera buka gerai Unit Layanan Paspor Wilayah I, di Lippo Mall Puri. Rencana pembukaan gerai Unit Layanan Paspor secara simbolis melakukan penandatanganan MoU di Atrium Utama Lippo Mall Puri, besok," kata Felusia Sengky Ratna, Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas dan Status Imigrasi Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Barat, Senin (15/10/2018).

Sengky mengatakan, penandatangan penandatangan dilakukan Kepala Kantor Imigrasi, Lumaksono; Mall Director, Rita Yovita; Kuasa Direksi Lippo Mall Puri, Weidy Effendi.

"Dengan MoU ini, menandakan keseriusan dan antusiasme seluruh pihak dalam hadirkan soal terobosan baru, dengan merupakan kerjasama pertama kali di Indonesia untuk layanan dalam pembuatan paspor, yang hadir di dalam pusat perbelanjaan," katanya.

Gerai layanan pembuatan paspor, kata Sengky, berada di Lantai Basement Lippo Mall Puri yang luasnya lebih dari 400 meter persegi. Layanan ini beroperasi Senin hingga Jumat mulai pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB.

"Untuk tahap awal, gerai Unit Layanan Paspor Wilayah I ini hanya dapat melayani pembuatan dan perpanjangan paspor biasa bagi di seluruh warga negara Indonesia. Bagi pengunjung Mall yang hendak akan ajukan pembuatan dan juga perpanjangan paspor, bisa melakukan booking melalui aplikasi Paspor Online milik dari Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM RI.

"Walaupun berlokasi di dalam Mall, tentu lebih nyaman. Namun, soal biaya untuk pembuatan paspor tidak berbeda dengan unit layanan ditempat lain, yaitu sebesar Rp 355.000 untuk setiap bukunya. Begitu juga dengan proses di pembuatan hingga diterbitkannya buku paspor baru akan memakan waktu 3-4 hari kerja," kata Sengky.

Diharapkan, adanya gerai Unit Layanan Paspor Wilayah I di Lippo Mall Puri ini, dapat tampung kuota hingga 250 pemohon setiap harinya.

Dimas Kusuma, Marketing Head Lippo Mall Puri, mengatakan, menyambut baik atas kerja sama itu karena dapat mempermudah serta jadi alternatif lokasi bagi warga Jakarta Barat dan warga Jakarta pada umumnya guna melakukan perpanjangan atau mengurus paspor baru.

Baca: Imigration Corner, Yani Senang Bisa Mengurus Paspor di Kampusnya

Baca: Daftar Ranking 10 Paspor Terkuat Dunia

Baca: Paspor di Thailand, Singapura, Malaysia, Filipina Berlaku 10 Tahun

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved