Bawaslu DKI Panggil Pihak Terkait Dugaan Pelanggaran Kampanye di SMAN 87

Bawaslu DKI Jakarta memanggil pihak terkait dugaan pelanggaran kampanye yang terjadi di SMAN 87, Jakarta Selatan

Bawaslu DKI Panggil Pihak Terkait Dugaan Pelanggaran Kampanye di SMAN 87
Facebook
Guru agama SMAN 87 Pesanggrahan, Jakarta Selatan, yang diduga dituduh telah mendoktrin siswa untuk anti-Jokowi. 

BADAN Pengawas Pemilu (Bawaslu) DKI Jakarta memanggil pihak terkait dugaan pelanggaran kampanye yang terjadi di SMAN 87, Jakarta Selatan.

Pihak terkait yang dipanggil yakni Kepala Sekolah dan Guru SMAN 87 serta pelapor.

Ketua Divisi Hukum dan Penanganan Pelanggaran Bawaslu DKI Jakarta Puadi mengatakan pemanggilan ketiga pihak terkait itu ke Kantor Bawaslu DKI, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (15/10) untuk mengklarifikasi apa yang telah terjadi sebenarnya.

“Kita kan panggil tiga orang itu, pertama kepala sekolahnya SMAN 87, kedua Ibu Neltinya itu, kita mintai keterangan benar nggak pada saat mengajar, mendoktrin, mempengaruhi orang, dan sebagainya,” katanya, Senin (15/10).

Puadi menambahkan berdasarkan Pasal 280 huruf C dan D Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu bahwa melakukan penghasutan, memfitnah, dan lain-lain, ketentuan pidananya sudah jelas.

“Tapi ini kan untuk memastikan, diklarifikasi ada dugaan pelanggaran pemilu atau tidak. Dan si pelapornya ini kan SMS ke kepala sekolahnya,” ucap Puadi.

Sementara itu terkait identitas pelapor, Puadi menceritakan yang bersangkutan sejauh ini hanya mengungkapkan jati dirinya sebagai orangtua siswa dan tidak menyebutkan siapa nama anaknya tersebut.

“Harusnya dia menyebutkan ataupun ketemu dengan kepala sekolah, ada guru yang mendoktrin, mengajarkan begini-begini, saya keberatan. Ini kan tidak, dia SMS nggak menunjukan identitasnya, begitu kepala sekolah kontak balik, ternyata nggak aktif,” kata Puadi.

Sekadar informasi, dugaan pelanggaran pemilu terjadi di SMAN 87 Jakarta Selatan.

Ketika itu diduga salah seorang guru mendoktrin siswa dengan mengumpulkan mereka di masjid dan memutar video gempa di Palu, Sulawesi Tengah yang diklaim terjadi akibat Jokowi. (jhs)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved