Jerat Sanksi Disiapkan untuk Pengemudi Busway yang Lalai Saat Berkendara

Pengemudi busway yang lalai saat mengemudi harus siap menerima sanksi yang telah disiapkan.

Jerat Sanksi Disiapkan untuk Pengemudi Busway yang Lalai Saat Berkendara
Warta Kota/Joko Supriyanto
Motor milik pengendara ojek online masuk ke dalam kolong busway saat terjatuh di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Matraman, Jakarta Timur, Senin (2/4). 

BEBERAPA bulan terakhir beberapa kali terjadi kecelakaan lalu lintas yang melibatkan bus Transjakarta, selain menabrak pembatas busway juga menabrak tiang jembatan penyeberangan orang (JPO).

PT. Transjakarta pun berupaya meningkatkan evaluasi atas terjadinya insiden tersebut.

Bahkan perusahaan akan memberikan sanksi tegas atas pengemudi busway yang terbukti lalai saat bekerja hingga mengakibatkan terjadinya kecelakaan.

"Untuk pengawasan sudah menjadi program Jadi evaluasi bukan hanya dilakukan saat ada insiden. Setiap pelanggaran tentu ada sanksi. Bentuknya bervariasi, seperti surat teguran hingga pemberhentian," kata Kepala Humas PT Transjakarta, Wibowo, Minggu (14/10/2018).

Dikatakan Wibowo, insiden kecelakan yang melibatkan bus Transjakarta tidak sepenuhnya terjadi karena kesalahan pengemudi busway.

Ia mencontohkan, dalam beberapa kejadian pengemudi busway menghindari kendaraan yang berada di jalur khusus busway.

Namun, jika dari pemeriksaan polisi adanya kelalainya yang dilakukan oleh pengemudi busway, pihak perusahaan tak segan untuk memberikan sanksi.

"Kalau seperti yang disampaikan kepolisian beberapa waktu lalu, pengemudi kurang hati-hati pasti diberikan sanksi," katanya.

Selain itu, dalam perekrutan pengemudi busway kedepan pihaknya akan melakukan secara hati-hati, sehingga insiden kelalain pengemudi tidak akan terjadi.

Adapan nantinya calon pengemudi busway tidak langsung berkesempat mengemudi ketika lolos seleksi, tapi harus mengikuti pelatihan terlebih dahulu.

Halaman
123
Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved