Breaking News:

Pengelola TPST Bantargebang Bantah Tudingan Bobroknya Pengelolaan

Pengelola Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang, Kota Bekasi membantah tudingan warga

Kompas.com
Ada ratusan pemulung yang setiap hari mengais sampah di TPST Bantargebang 

PENGELOLA Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang, Kota Bekasi membantah tudingan warga tentang bobroknya pengelolaan sampah di wilayah setempat.

Dari 12 poin yang dikritisi, hampir semuanya telah dilaksanakan DKI Jakarta, namun beberapa poin masuk dalam tahap perencanaan untuk direalisasikan tahun ini.

Kepala Unit Pengelola Sampah Terpadu (UPST) Bantargebang pada Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Asep Kuswanto menyatakan, hanya poin terakhir tentang pemberian empat unit kendaraan operasional untuk kelurahan di kecamatan setempat saja yang belum menemukan titik temu dengan Kota Bekasi.

Dia menyebut, pada 2017 lalu Kota Bekasi telah mengunjungi gudang kendaraan di Pulomas, Rawamangun, Jakarta Timur atas rekomendasi DKI untuk mengambil empat unit mobil.

Namun jenis kendaraan yang ada, tidak sesuai dengan keinginan Kota Bekasi sehingga mobil bantuan itu batal diambil.

"Kita adanya mobil jenis minibus, tapi Kota Bekasi minta mobil double cabin. Yah kita nggak ada, jadinya mereka batal ambil bantuan mobil itu," kata Asep pada Jumat (12/10).

Asep mengatakan, empat dari 12 poin yang disampaikan warga bakal dilaksanakan tahun ini atas tanggung jawab DKI sebagai pemilik TPST Bantargebang.

Pertama perbaikan saluran air lindi, kedua penurapan Kali Ciasem sepanjang tiga kilometer, ketiga penyediaan obat-obatan untuk warga sekitar dan terakhir pembangunan sumur artesis.

Untuk sumur artesis, kata dia, DKI telah memberikan dana sebesar Rp 25 miliar kepada Kota Bekasi supaya membangun sarana tersebut.

"Uangnya sudah kita berikan sejak 2017 lalu. Nggak tahu sampai sekarang belum dibangun, tapi kayaknya tahun ini akan dibangun," katanya.

Halaman
12
Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved