VIDEO: Dede Yusuf Sebut Rehabilitasi Fokus Jika Status Bencana Nasional

"Dengan (status) bencana nasional maka tentu proses rehabnya itu benar-benar terfokus.

Politikus Partai Demokrat Dede Yusuf Macan Effendi menilai status bencana nasional perlu ditetapkan jika proses rehabilitasi pasca bencana alam baik di Sulawesi Tengah ataupun Nusa Tenggara Barat dirasa berat.

Ketua Komisi IX DPR RI itu mengatakan dengan begitu akan membuat proses rehabilitasi menjadi fokus.

"Jadi memang kalau kita mengakui bahwa berat melakukan rehabilitasi maka harus ini dicanangkan sebagai bencana nasional," ujar Dede kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (8/10/2018).

"Dengan (status) bencana nasional maka tentu proses rehabnya itu benar-benar terfokus. Berapa alokasi anggaran yang disiapkan, berapa dana yang disiapkan. Nah ini benar-benar harus menjadi titik fokus kita," imbuhnya.

Mantan aktor laga itu juga memberikan perhatian kepada pemerintah soal kondisi pelemahan nilai tukat rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

Menurutnya, hal tersebut tidak boleh ditanggapi santai karena hal itu akan berpengaruh terhadap situasi dalam negeri.

Sehingga, Dede meminta pemerintah memprioritaskan masyarakat korban bencana alam di Sulteng dan NTB.

"Jadi menurut saya pemerintah tidak boleh juga mengganggap ini (pelemahan rupiah) tenang-tenang saja. Semua harus diperhatikan baik-baik bahwa mana yang jadi prioritas kita saat ini yaitu warga Sulteng, Warga NTB, Lombok," pungkasnya.(*)

Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved