Selasa Ini, Rencananya Stasiun Cakung Diuji Coba

STASIUN Cakung di Jalan I Gusti Ngurah Rai, Cakung, Jakarta Timur telah rampung pengerjaannya dan siap diuji coba Selasa (9/10/2018) ini.

Selasa Ini, Rencananya Stasiun Cakung Diuji Coba
Dok. Warta Kota
EVA Chairunisa 

STASIUN Cakung di Jalan I Gusti Ngurah Rai, Cakung, Jakarta Timur telah dirampungkan pengerjaannya dan siap diuji coba Selasa (9/10/2018) ini.

VP Komunikasi PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) Eva Chairunisa mengatakan, stasiun ini dibuat lebih moderen oleh Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta dan Banten (BTPWJB) Kementerian Perhubungan untuk meningkatkan kapasitas dan pelayanan penumpang.

"Ini merupakan salah satu pekerjaan modernisasi fasilitas Double Double Track (DDT) Manggarai-Cikarang yang terbagi dalam dua paket pekerjaan yaitu DDT Paket A (Manggarai-Jatinegara) dan DDT Paket B2 (1) (Cipinang-Kranji)," ujar Eva dalam keterangan tertulisnya, Senin (8/10/2018) malam.

DDT ini membentang sepanjang 35 kilometer antara Manggarai-Cikarang dan akan memisahkan jalur commuter line dengan kereta jarak jauh yang direncanakan beroperasi pada 2020.

"DDT bertujuan meningkatkan kapasitas lintas dengan memisahkan kereta jarak jauh dengan commuter line sehingga dapat melayani pengguna jasa KRL lebih banyak," ujarnya.

Lebih Lengkap

Ia mengatakan, Stasiun Cakung kini hadir dengan fasilitas dan sarana yang terbilang lebih lengkap. Pada lantai bawah disediakan dua peron yang melayani 4 jalur kereta ke arah Bekasi dan Jatinegara.

Pihaknya juga memenuhi fasilitas transaksi tiket dan penempatan 9 unit gate elektronik pada lantai atas.

Selain itu, disediakan pula 1 unit lift di pintu selatan serta dua unit lift dan dua unit eskalator berada di masing-masing peron 1-2 dan peron 3-4.

"Ada juga pos kesehatan, ruang informasi, ruang kepala stasiun, toilet pria dan wanita, toilet khusus difabel, dan mushala. Pada tiap ruangan di lantai tersebut dipasang alarm sistem berupa smoke detector dan APAR (CO2 dan foam)," kata Eva.

Selain area parkir motor, di sisi utara stasiun terdapat halte transjakarta sebagai halte integrasi antarmoda yang menghubungkan Stasiun Cakung dengan Terminal Pulo Gebang. (Ryana Aryadita Umasugi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Stasiun Cakung Diuji Coba Selasa Esok"

Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved