Langkah Pemerintah Kota Jakarta Utara Atasi Kabel Semrawut

Pemerintah Kota Jakarta Utara akan memindahkan kabel-kabel yang semrawut di Jakarta Utara ke bawah.

Langkah Pemerintah Kota Jakarta Utara Atasi Kabel Semrawut
Warta Kota/Henry Lopulalan
Ilustrasi kabel. 

WARTA KOTA, TANJUNG PRIOK---Pemerintah Kota Jakarta Utara akan memindahkan kabel-kabel yang semrawut di Jakarta Utara ke bawah.

Penanganan juga dilakukan dengan memindahkan kabel-kabel tersebut ke dalam boks utilitas yang tersedia.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Jakarta Utara, Suroto, mengatakan, pemindahan kabel-kabel fiber optik ke bawah melalui boks utilitas menjadi solusi kesemrawutan tersebut.

"Kami sebelumnya ada boks utilitas tapi terbatas pada jalan-jalan besar. Jalan lingkungan belum kami arahkan karena keterbatasan. Bila perlu kalau sudah tertata rapi, kami hilangkan (tiang kabel). Semua akan ada di boks utilitas," kata Suroto, Selasa (9/10/2018).

Suroto mengatakan, pihaknya juga akan membuat grup terbatas yang berisikan vendor pemilik kabel dengan pegawai di wilayah. Sehingga ketika ada kabel yang semrawut bisa segera diatasi.

"Kayak kabel menjuntai ke bawah, daripada langsung dipotong lebih baik kami koordinasikan dulu supaya mereka (vendor) yang mengerjakan sendiri," katanya.

"Saya harapkan nanti kasi-kasi pembangunan dan lingkungan di setiap kelurahan masuk, supaya bisa menginformasikan lokasi-lokasi mana yang kabelnya menjuntai, tiangnya miring atau tiangnya ambruk," sambungnya.

Kepala Seksi Kelengkapan Prasarana Jalan dan Jaringan Utilitas Sudin Bina Marga Kota Jakarta Utara, Libertus Sagala, mengatakan, pihaknya mempunyai program merapikan kabel yang menjuntai untuk diturunkan ke bawah.

"Jadi sebelum trotoar dibangun, diturunin kabel, tiang-tiang tinggal dicopot ketika kabel sudah diturunkan. Sehingga trotoar nggak ada terhalang tiang. Jadi sekali mendayung dua pulau terlewati," katanya.

Sementara untuk wilayah yang belum memiliki boks utilitas, maka akan dilakukan dengan cara manual yakni ditanam di bawah jalan. Sehingga bisa rapi dan trotoar baru pun dibangun.

Baca: Bahas Utilitas Semraut, Wali Kota Jakarta Selatan Panggil Puluhan Pengembang di Jakarta Selatan

Baca: Ada Tawaran dari Jakarta Utilitas Propertindo Bagi Angkutan Umum di Jakarta

Baca: Infrastruktur Utilitas Ibu Kota Belum Memadai

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved