Gempa Donggala Palu

Direktur IMF dan Staf Sumbang Rp 2 Miliar untuk Sulteng dan NTB

Manajemen menginisiasi. Hari ini saya membawa cek Rp 2 miliar, dan akan dialokasikan untuk Lombok dan Sulawesi,

Warta Kota/Henry Lopulalan
Presiden Joko Widodo bersama Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde saat melakukan blusukan ke Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (26/2). 

- Direktur Pelaksana International Monetary Fund ( IMF) Christine Lagarde, secara pribadi menyumbang Rp 2 miliar untuk gempa Lombok dan Sulteng.

Bantuan diberikan saat Christine mengunjungi korban gempa Lombok di Desa Guntur Macan, Kecamatan Gunung Sari, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Christine mengatakan, dalam rapat internal IMF muncul pertanyaan, apakah Indonesia mau menerima pinjaman dari IMF pascamusibah yang datang bertub-tubi.

“Jawabannya tidak, karena ekonomi Indonesia berada di tangan yang baik, Presiden, Menteri Keuangan, dan Pak Luhut telah bekerja dengan baik agar Indonesia ditangani dengan tepat,” ujar Christine, Senin (8/10/2018).

“Kami berfikir apa yang akan kita lakukan, staf dari IMF menggalang dana secara pribadi. Manajemen menginisiasi. Hari ini saya membawa cek Rp 2 miliar, dan akan dialokasikan untuk Lombok dan Sulawesi, karena semua orang harus bisa merasakannya,” lanjutnya.

Christine mengaku, ia datang ke Indonesia bersama tim besar untuk memberikan dukungan. Mereka sangat terkesan dengan upaya yang sudah dilakukan dalam penanganan gempa di Lombok.

"Saya sangat senang dengan anak-anak yang mulai sekolah, karena mereka akan menjadi ahli dan ilmuwan di masa mendatang," tuturnya. Kedatangan Chistine Lagarde ke Lombok Barat bersama Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Keuangan Sri Mulyani, disambut hangat korban gempa.

Lebih dari 900 kepala keluarga di desa ini kehilangan tempat tinggal. Meski masih dipenuhi puing-puing reruntuhan rumah mereka, warga mulai berbenah.

Sejumlah hunian sementara telah mereka dirikan, termasuk geliat ekonomi warga pun mulai tumbuh. Salah satunya, Sri, pedagang pisang dan ubi goreng di lokasi itu.

Tiba-tiba Direktur IMF dan Sri Mulyani menyempatkan diri mencicipi ubi goreng dan pisang goreng yang dijual warga, tentunya mereka membayar dengan harga berlipat ganda.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Direktur dan Staf IMF Sumbang Rp 2 Miliar untuk Lombok dan Sulteng",
Penulis : Kontributor Kompas TV Mataram, Fitri Rachmawati
Editor : Reni Susanti

Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved