Ojek disabilitas Mempermudah Disabilitas Menyaksikan Pembukaan Asian Para Games 2018

Keberadaan ojek disabilitas mempermudah penyandang disabilitas menyaksikan pembukaan Asian Para Games 2018.

Editor:
Warta Kota/Dewi Pratiwi
Peserta Asian Para Games 2018 mulai berdatangan menggunakan bus Transjakarta dan turun di sekitar Hall Basket Senayan, dan melanjutkan perjalanan ke Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan. 

WARTA KOTA, PALMERAH---Keberadaan ojek disabilitas yang disediakan di pintu-pintu masuk area Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta Pusat, mempermudah penyandang disabilitas menyaksikan pembukaan Asian Para Games 2018 yang akan digelar pada malam ini.

Sejumlah penyandang disabilitas yang datang dengan menggunakan kursi roda sangat terbantu berkat kehadiran ojek disabilitas tersebut.

"Sangat membantu sekali. Masuk ke dalamnya jadi lebih cepat," kata salah seorang penyandang disabilitas, Rizal, seperti dilansir Antaranews.com, Sabtu (6/10/2018).

Pria asal Ternate itu mengatakan, keberadaan ojek disabilitas ini akan memudahkan dirinya untuk menyaksikan sejumlah cabang olahraga yang dipertandingkan di Gelora Bung Karno (GBK) selama satu minggu ke depan.

"Saya rencananya mau nonton sampai penutupan nanti," katanya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Bahrul Fuad, penyandang disabilitas asal Depok yang juga memanfaatkan fasilitas ojek disabilitas untuk menonton pembukaan Asian Para Games 2018.

Menurut Bahrul, adanya ojek disabilitas tersebut membuat dirinya tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga untuk bisa masuk ke dalam stadion.

"Kalau saya harus mengayuh pakai tangan kan berat juga. Kalau naik ini jadi lebih terbantu," ujarnya.

Ade Rudi, seorang pengemudi ojek disabilitas, mengaku bangga bisa berpartisipasi dalam gelaran pembukaan pesta olahraga atlet disabilitas tingkat Asia tersebut.

Dia mengatakan, lelah yang dia rasakan selama hilir mudik mengantar para penyandang disabilitas seakan tidak terasa saat melihat senyum sumringah mereka.

"Bukannya capek, tapi malah jadi semakin bersemangat," ucap dia.

Panitia penyelenggara Asian Para Games 2018 Jakarta (INAPGOC) akan melibatkan penyandang disabilitas yang memiliki sepeda motor roda tiga untuk menjadi pengemudi ojek.

Direktur Transportasi INAPGOC, Adrianto Djokosoetono, mengatakan, pemilik kendaraan roda tiga ini nantinya akan memberikan layanan transportasi bagi pengunjung disabilitas khususnya pengguna kursi roda yang akan menyaksikan pertandingan di kawasan Gelora Bung Karno (GBK).

"Asian Para Games ini pesta olahraga bagi saudara-saudara disabilitas, untuk itu bukan hanya atlet maupun ofisial yang terlibat. Namun, masyarakat biasa penyandang disabilitas, kita libatkan juga secara aktif untuk lebih merasakan atmosfir pesta olahraga ini, termasuk para pengunjung atau penonton disabilitas," kata Adrianto Djokosoetono.

Sejauh ini, kata dia, sudah ada 40 unit motor dengan modifikasi khusus milik individu penyandang disabilitas yang 30 d iantaranya berasal dari Jakarta dan 10 kendaraan lainnya sengaja didatangkan dari Yogyakarta.

"Kebetulan saudara kita yang di Yogyakarta memang sudah memiliki layanan khusus ojek disabilitas, sehingga kita undang mereka ke Jakarta untuk turut berpartisipasi," katanya.

Adrianto Djokosoetono menjelaskan ojek kendaraan roda tiga ini akan memulai aktifitasnya di kawasan GBK mulai pembukaan hingga berakhirnya perhelatan. Untuk mendapatkan layanan ini pengunjung akan melalui shuttle khusus difabel.

"Pengunjung disabilitas memiliki parkir khusus di area GBK ini. Di situ pula nanti akan ada shuttle bagi mereka yang ingin merasakan jasa pengantaran dari kendaraan modifikasi khusus ini ke venue-venue yang ada dikawasan GBK. Fasilitas ini free untuk pengunjung," kata Adrianto.

Baca: Peserta Asian Para Games 2018 Mulai Berdatangan ke Stadion Gelora Bung Karno Senayan

Baca: Ribuan Satpol PP DKI Dikerahkan Amankan Pembukaan Asian Para Games

Baca: Pelajar Jakarta Dapat 15 Ribu Tiket Gratis Tonton Pertandingan Asian Para Games 2018

Sumber:
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved