Direktur Utama PD Pasar Jaya Nyatakan Tarif Sewa Kios Pasar Senen Sesuai Kajian

Ratusan pedagang Pasar Senen melakukan aksi unjuk rasa di depan Balai Kota Jakarta.

Direktur Utama PD Pasar Jaya Nyatakan Tarif Sewa Kios Pasar Senen Sesuai Kajian
Warta Kota/Rangga Baskoro
Kios di Blok III Pasar Senen, Jakarta Pusat. 

WARTA KOTA, SENEN---Ratusan pedagang Pasar Senen melakukan aksi unjuk rasa di depan Balai Kota Jakarta, Kamis (4/10/2018).

Mereka menuntut agar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyelesaikan permasalahan mafia beserta sewa kios yang dinilai memberatkan.

Direktur PD Pasar Jaya, Arief Nasrudin, mengatakan, terkait tuntutan pedagang soal penurunan tarif biaya pengelolaan pasar (BPP), dirinya telah melakukan peninjuan dengan menerbitkan SK 207/2018.

"SK yang kami terbitkan pada 13 September 2018 itu tentang persetujuan penurunan tarif BPP. Dan ini kami lakukan agar pedagang tidak merasa diberatkan masalah tarif," kata Arief melalui keterangan tertulisnya, Jumat (5/10/2018).

Sebelum memutuskan soal tarif BPP, pihaknya juga lebih dulu mengadakan pertemuan dengan sejumlah perwakilan pedagang, di antaranya KOPPAS, APPSI, dan APDI.

Pedagang juga mengeluhkan terkait akses pintu masuk menuju Pasar Senen yang hanya sedikit.

Menjawab pertanyaan itu, Arief mengatakan telah mengkoordinasikannya dengan instansi terkait seperti Wali Kota Jakarta Pusat, Dinas Perhubungan, dan lainnya.

"Pintu akses masuk sisi timur yang berada di sisi Stasiun Senen saat ini sedang dilakukan proses pembukaan. Untuk pembukaan pintu sisi timur sedang dikoordinasikan, sehingga aksesnya nanti tidak mengganggu lalu lintas yang ada. Terlebih kawasan tersebut cukup padat kendaraan setiap harinya," kata Arief.

Warson Aritonang, perwakilan pedagang Blok III Pasar Senen, yang juga anggota Tim 50, mengatakan, permasalahan tersebut sudah selesai karena pembangunan gedung telah rampung dan pedagang juga telah menempati kios.

"Tim 50 itu perwakilan dari seluruh pedagang di Pasar Senen, dan telah di SK Dirut Pasar Jaya juga developer pada saat pembangunan. Sehingga, keberadaan tim pun menjadi wakil dari semua unsur pedagang," kata Warson yang juga Ketua Asosiasi Pedagang Pasar Tradisional DKI.

Halaman
12
Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved