Breaking News:

Gempa Donggala Palu

Terungkap Hubungan Gunung Meletus dan Bencana Gempa Serta Tsunami yang Jadi Duka Indonesia

Bisa jadi, gempa ini memicu letusan, tetapi kami telah melihat peningkatan aktivitas gunung berapi sejak Juli.

USA Today
Bencana alam, gempa bumi, gunung meletus, dan tsunami yang mengakibatkan Indonesia menangis. 

Hanya dalam sepekan terakhir, Indonesia telah mengalami bencana alam back-to-back: Gempa bumi berkekuatan 7,5 yang mematikan pada Sabtu yang memicu tsunami dan letusan gunung berapi Gunung Soputan pada hari Rabu.

Keduanya terjadi di pulau Sulawesi, sebagaimana dikutip The Associated Press untuk USA Today, yang dikutip Warta Kota, Kamis (4/10/2018).

Apakah pergolakan geologis ini terkait?

Para ahli mengatakan itu mungkin, tetapi tidak mungkin.

Berikut ini uraiannya.

Bencana alam, gempa bumi, gunung meletus, dan tsunami yang mengakibatkan Indonesia menangis.
Bencana alam, gempa bumi, gunung meletus, dan tsunami yang mengakibatkan Indonesia menangis. (USA Today)

"Bisa jadi, gempa ini memicu letusan, tetapi kami telah melihat peningkatan aktivitas gunung berapi sejak Juli, dan ini mulai melonjak pada hari Senin," kata Kasbani, kepala badan mitigasi vulkanologi dan geologi Indonesia.

"Namun kita tidak bisa mengatakan ada hubungan langsung, karena gunung itu cukup jauh," kata Kasbani, yang menggunakan satu nama.

Ahli lain, ahli vulkanologi Janine Krippner dari Universitas Concord, mengatakan bahwa "untuk gempa bumi untuk memicu letusan ini dengan cepat, kami pikir (gunung berapi) harus dalam kondisi kritis - tentang siap untuk pergi, sehingga sulit untuk mengatakan dengan pasti Pada titik ini, hubungan antara dua peristiwa hanyalah spekulasi.

"Realitas Indonesia adalah bahwa ada banyak gempa bumi besar dan banyak letusan, sehingga keduanya pasti akan terjadi di wilayah yang sama di kali," tambahnya.

Krippner menambahkan bahwa kegiatan di Soputan telah meningkat sejak Agustus, sehingga pihak berwenang sudah menyadarinya sebelum letusan ini.

Halaman
12
Penulis:
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved