Sekda Kasih Rapor Merah, Pemkot Jakarta Selatan Akui Perencanaan Program Pembangunan Lemah

Tiga rencana pembangunan kantor pemerintahan di Jakarta Selatan gagal dilaksanakan tahun ini.

Sekda Kasih Rapor Merah, Pemkot Jakarta Selatan Akui Perencanaan Program Pembangunan Lemah
Dokumentasi Warta Kota
Kantor Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan. 

WARTA KOTA, KEBAYORAN BARU---Tiga rencana pembangunan kantor pemerintahan di Jakarta Selatan gagal dilaksanakan tahun ini.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Jakarta Selatan merencanakan untuk membangun kantor Kecamatan Mampang Prapatan, kantor Kelurahan Karet, dan kantor Kelurahan Kuningan Timur lantaran kondisi bangunan sudah tua.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan, Iwan K Santoso, mengatakan, tak berani berspekulasi ketiga program pembangunan itu bakal dilanjutkan pada tahun 2019.

Iwan memilih mengikuti proses yang sedang berjalan. Terkait pembangunan Kantor Kelurahan Karet dan Kuningan Timur, bisa jadi akan dilelangkan kembali tahun depan di lokasi yang sudah ditentukan.

Untuk rencana pembangunan kantor Kecamatan Mampang Prapatan, Iwan menyebut pihaknya akan menunggu hingga ada ketetapan hukum inkracht.

"Untuk yang Mampang kami belum ada opsi soal lahan pengganti. Kalaupun nanti tidak bisa di lahan baru, terpaksa dibangun di lahan existing dengan melakukan peninggian lokasi. Sebab, kondisi tanah di sana kan rendah. Tapi kami berharap masalah hukum ini selesai dan bisa dibangun di lokasi baru," kata Iwan, Kamis (4/10/2018).

Iwan tidak membantah kegagalan ketiga program pembangunan kantor ini sebagai bentuk lemahnya perencanaan.

Sebab, rencana dilakukan bukan mengacu kepada X-1 atau satu tahun sebelum program dianggarkan.

"Ke depan akan kami gunakan X-1. Jadi, dipastikan dulu semuanya siap, terutama lahannya, baru dianggarkan. Jadi, masalah ini akan kami gunakan sebagai pembelajaran," katanya.

Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah mengevaluasi satu per satu Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang penyerapan anggarannya masih rendah.

Halaman
12
Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved