Warga Terdampak Revitalisasi Rusun Penjaringan Audiensi dengan Anggota Dewan

Sejumlah warga Rusunawa Penjaringan RW 06, Kelurahan Penjaringan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, menyampaikan aspirasi kepada anggota DPR.

Warga Terdampak Revitalisasi Rusun Penjaringan Audiensi dengan Anggota Dewan
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Charles Honoris 

WARTA KOTA, PENJARINGAN---Sejumlah warga Rusunawa Penjaringan RW 06, Kelurahan Penjaringan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, menyampaikan aspirasi kepada anggota DPR RI, Charles Honoris, dan Anggota DPRD DKI Jakarta, Ida Mahmudah.

Audiensi tersebut digelar terkait rencana relokasi sementara warga Rusunawa Penjaringan sementara selama proses revitalisasi.

Pasalnya, revitalisasi tahap II terhadap 10 blok Rusunawa Penjaringan dimulai tahun 2019.

Ketua RW 006 Penjaringan, Hartoyo, mengatakan, warga memiliki keinginan untuk direlokasi ke rusun yang berada di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, selama Rusunawa Penjaringan direvitalisasi.

"Intinya warga kami ini sangat mendukung program pemerintah dalam rangka untuk revitalisasi. Tapi paling tidak menyediakan unit rusun yang layak huni karena selama ini kami mayoritas tinggal di unit yang sangat sederhana," kata Hartoyo, Selasa (2/10/2018) malam.

Charles Honoris mengatakan, pihaknya akan mengomunikasikan harapan warga ke Kementerian Sekretariat Negara.

Khusus di wilayah Kemayoran terdapat dua aset milik pemerintah yakni Rusun Kemayoran dan Wisma Atlet, yang bisa dimanfaatkan untuk hunian sementara warga selama proses revitalisasi.

"Saya akan mencoba komunikasi dengan Setneg yang memiliki aset di Jakarta. Apakah mungkin warga Rusun Penjaringan bisa sementara direlokasi ke Rusun Kemayoran atau Wisma Atlet yang memang dikuasai Setneg," kata Charles.

Ida Mahmudah mengatakan, proses revitalisasi tahap II Rusun Penjaringan harus belajar dari pengalaman sebelumnya. Ketika itu proses revitalisasi tahap I dua tahun silam, banyak dikeluhkan warga.

"Kondisi yang ada, pengalaman yang ada, ketika disuruh pindah justru kesengsaraan yang didapat. Jangan orang itu disuruh pindah tapi ekonominya dia makin sulit. Ini menjadi perhatian kita apalagi dalam kondisi situasi seperti ini, kita harus bertanggung jawab betul dengan kesejahteraan mereka," katanya.

Revitalisasi tahap II Rusunawa Penjaringan akan dilakukan pada tahun 2019 mendatang.

Sebanyak 10 blok (A, B, C, D, H, I, J, K, L, M) yang terdiri dari 978 unit dengan 4.160 penghuni Rusunawa Penjaringan terdampak revitalisasi.

Revitalisasi tahap II Rusunawa Penjaringan akan membangun sebanyak 4 tower di mana setiap towernya terdiri dari 20 lantai. Luas unitnya pun akan ditambah dari sebelumnya 18 meter persegi, menjadi 36 meter persegi.

Baca: Harga Sewa Tempat Relokasi Warga Rusun Penjaringan Harus Terjangkau Warga

Baca: Warga Rusun Penjaringan Berharap Direlokasi ke Rusun Kemayoran

Baca: Dua Ruko yang Jadi Gudang Penyimpanan Mainan Anak-Anak di Penjaringan Terbakar

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved