Gempa Donggala Palu

Penjelasan Ilmiah Meski Ombak Kolam Renang Tanpa Rekayasa Tidak Terkait Tsunami

Pasalnya, dari video itu terlihat ada gelombang yang tak wajar di kolam renang yang berada di kawasan Puslatdiksarmil.

Penjelasan Ilmiah Meski Ombak Kolam Renang Tanpa Rekayasa Tidak Terkait Tsunami
Tribun Jatim
Gelombang ombak di kolam renang dikaitkan tsunami.

Kabag Penerangan Kodiklatal, Letkol Laut (P) Khusus Agus Triawan menyatakan, pihaknya akan menerjunkan tim khusus ke kolam renang Tirta Krida Juanda, Sidoarjo.

Tim khusus yang diterjunkan langsung oleh Pangkodiklatal, Laksda TNI Darwanto itu akan bertugas kroscek penyebab gelombang yang tak wajar di Kolam Rrnang Krida Tirta Puslatdiksarmil Kodiklatal Juanda.

Lalu, saat ditanya apakah memang benar apa yang disampaikan pengurus kolam selama 20 tahun, yakni Zainudin Iksan terkait gelombang itu, ia menyatakan itu memang benar, 'tapi' yang terekam jelas dengan kamera sebagai pembuktian hanya Jumat (28/9/2018) lalu saja.

"Saya kira, yang fenomena berdasarkan informasi pengurus memang beberapa kali, tapi yang cukup besar dan terkdokumentasi itu kemarin Jumat (28/9/2018) ya," tegas Agus, Selasa (2/10/2018).

Agus mengatakan gelombang itu hanya berlangsung sekitar kima menit saja.

Bahkan, saking ramainya perbincangan hal tersebut di masyarakat, ternyata di Kodiklatal sendiri masih menjadi pembahasan.

Kemudian, ketika disinggung apakah benar ada spekulasi terkait alat-alat untuk membentuk gelombang itu seolah-olah direkayasa, Agus pun membantahnya.

"Kami rasa tidak ada ya seperti pembuat gelombang, itu hanya di tempat wisata, kalau di sini hanya ada alat untuk sirkulasi air," ujar Agus kemudian menunjuk ke arah kolam renang.

Tak sampai di situ, ketika ada gempa dan tsunami di Aceh 2004 lalu, apakah di kolam renang itu juga berdampak?

"Masih perlu kami buktikan lagi, karena itu kan lama, berdasarkan informasi pengurus memang seperti itu, tapi kan kami belum bisa membuktikan keterkaitannya itu, tapi rilis dari BMKG memang jelas itu bukan fenomena biasa," katanya.

Halaman
123
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved