Wakil Wali Kota Bandung Komentari Sanksi untuk Persib Bandung atas Kasus Haringga

Sanksi lainnya adalah pertandingan kandang tanpa penonton di Bandung sampai setengah musim kompetisi tahun 2019.

Wakil Wali Kota Bandung Komentari Sanksi untuk Persib Bandung atas Kasus Haringga
Media Persib
Skuat Persib Bandung 

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengomentari sanksi yang dijatuhkan oleh PSSI kepada klub Persib Bandung.

Pria yang sempat memimpin PSSI Kota Bandung ini mengatakan sanksi yang dijatuhkan kepada Persib Bandung kurang adil. Bahkan, dia juga menilai sanksi tersebut tidak mendidik.

Menurut Yana, kejadian pengeroyokan yang menewaskan suporter Persija Jakarta bernama Haringga Sirila pada tanggal pada 23 September 2018 lalu terjadi di luar arena pertandingan.

"Ini diluar stadion kejadiannya, harusnya secara konperensif dilihat dari skala yang lebih besar. Karena sanksi harus membina dan mendidik. (Hukuman) ini ada ketidakadilan juga," kata Yana saat ditemui di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana, Selasa (2/10/2018).

Yana menjelaskan, kejadian yang terjadi di luar stadion seharusnya tidak malah merugikan lebih banyak ke pihak klub.

Selain itu, dia juga menilai sanksi yang dikeluarkan PSSI bagi Persib terlihat liar karena tidak ada unsur untuk mendidik. Terlebih, dalam salah satu sanksi, Persib harus menggelar sisa laga kandang Liga Indonesia di luar pulau Jawa.

"Sanksi ini tidak mendidik, ini merugikan. Harus dibicarakan lagi, dikumpulkan lagi," ucapnya. Yana pun sangat menyayangkan jika Persib tidak bisa berlaga di Bandung.

Pasalnya Persib identik dengan Bandung dan akan selalu menjadi idola warga Bandung terutama kala bertanding. "Sebetulnya kita sebagai orang Bandung merasa dirugikan oleh ulah oknum. Harusnya diberi sanksi supaya tidak melakukan kesalahan lagi, sanksi mendidik bukan merugikan," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Komisi Disiplin (Komdis) PSSI telah memutuskan untuk memberikan sanksi kepada Persib Bandung, kelompok suporter pendukungnya, dan panitia penyelenggara pertandingan Persib versus Persija Jakarta pada 23 September lalu.

Sanksi diberikan setelah tewasnya seorang suporter Persija, Haringga Sirla, akibat dikeroyok oleh oknum suporter di area Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Gedebage, Bandung, beberapa jam sebelum laga dimulai.

Halaman
12
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved