Breaking News:

Ingin Tahu KTP Elektronik Anda Sudah Dicetak Atau Belum? Cek Saja di Aplikasi Ini

Warga cukup memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Setelah itu bisa melihatnya secara langsung, apakah sudah dicetak atau belum.

Kompas.com
Ilustrasi 

MASYARAKAT Kota Tangerang yang telah merekam Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik namun belum menerima bentuk fisiknya, kini tak perlu khawatir.

Sebab, warga bisa mengeceknya melalui aplikasi yang ada di portal Tangerang LIVE. Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Sri Warsini menjelaskan, aplikasi tersebut bernama CEK Status KTP-EL, dan ada dalam layanan kependudukan.

Warga cukup memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Setelah itu bisa melihatnya secara langsung, apakah sudah dicetak atau belum.

Baca: Kubu Jokowi Sebut Ok Oce Menipu Publik

"Untuk mengetahui, apakah e-KTP sudah dicetak atau, belum maka bisa mengeceknya melalui aplikasi tersebut," ujar Sri, Selasa (2/10/2018).

Selain itu, ada juga aplikasi CEK NIK untuk melihat data diri warga sudah masuk dalam kependudukan di Disdukcapil atau belum. Dengan begitu, maka masyarakat tak perlu lagi khawatir, sebab Pemkot Tangerang telah mengintegrasikan data kependudukan.

Sekda Kota Tangerang Dadi Budaeri menambahkan, jajarannya sedang merapikan database kependudukan sebagai bahan untuk pelayanan. Karena, menurutnya data kependudukan yang ada kerap berbeda dan membuat program yang diluncurkan kerap mengalami kendala.

"Kami sudah siapkan hitungan untuk satu program kesehatan dan pendidikan. Tetapi, data pendudukan kerap beda. Maka itu kami sekarang masukan dalam basis online," jelas Dadi Budaeri. (*)

Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved