Oknum Fasilitasi PKL Kota Tua di Gedung Tua

Sejumlah gedung tua tak terpakai di Kawasan Kota Tua, Kecamatan Tamansari, Jakarta Barat, kini digunakan para Pedagang Kaki Lima (PKL)

Oknum Fasilitasi PKL Kota Tua di Gedung Tua
Warta Kota/ Panji Baskhara Ramadhan
Puluhan personel Satpol PP Kota Jakarta Barat serta Kecamatan Tamansari, melaksankan penertiban beberapa Pedagang Kaki Lima (PKL) di Kawasan Wisata Kota Tua, Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat, Selasa (17/7/2018). 

SEJUMLAH gedung tua tak terpakai di Kawasan Kota Tua, Kecamatan Tamansari, Jakarta Barat, kini digunakan para Pedagang Kaki Lima (PKL), Senin (1/10/2018).

Pasalnya, tak mudah untuk mengusir para PKL itu, karena dilindungi oleh sejumlah oknum tak bertanggungjawab.

"Memang, sebenarnya ada oknum berkuasa di sini. Sehingga, kita bisa menempakan gerobak dan barang dagangan kami di sini. Bahkan kita seperti dilindungi. Orang berpangruh pokoknya pak. Kita berdagang pun tenang," kata seorang PKL Bakso saat ditemui di sebuah gedung tua di Jalan Kali Besar Barat, Ali (33).

Ali menuturkan, sejumlah pedagang diarahkan oknum itu untuk menempatkan barang-barang dagangannya, di beberapa gedung tua. Bahkan ia turut dipingut biaya sewa per-bulannya.

"Iya.. Dipungut sewa di sini. Jikalau tidak bayar ya nanti ada PKL lain dimasukkin sini (Gedung Tua). Ya jumlah biayanya adalah pokoknya yah dan yang penting aman," ucapnya yang enggan menyebut nominal dan sosok oknum tersebut.

Sementara, Camat Tamansari, Firman Ibrahim menyebut untuk menertibkan para PKL di Kota Tua yang tempati gedung tua, diperlukan untuk mengerahkan banyak personel.

"Untuk tertibkan PKL butuh personil gabungan dari Pemerintah Kota, Provinsi, Satpol PP, TNI dan Polri. Jikalau penertiban, hanya dilakukan ditingkat Kecamatan saja tak sanggup. Tetapi, kami selalu siap bila diminta untuk ditertibkan para PKL itu," jelasnya.

Menurut Firman, kerap kali penertiban PKL itu berujung bentrok dengan petugas. Contohnya, penertiban PKL di malam hari beberapa waktu lalu di Jalan Kunir, terjadi bentrok baik petugas dan PKL Kota Tua.

Keberadaan gerobak PKL yang kuasai gedung tua, kata Firman, sudah lama terjadi. Si pemilik gerobak tersebut, lanjutnya Firman merupakan pedagang yang kerap mangkal di Kota Tua.

"Aturannya gedung tua itu tak boleh digunakan untuk menaruh gerobak PKL. Memang banyak gerobak yang taruh gedung tua, sedari dulu. Di sana PKL-PKL bersikeras mau menempatinya," ungkapnya.

Mengenai oknum tak bertanggungjawab yang memfasilitasi para PKL ke gedung tua, Firman membenarkannya. Terdapat oknum yang coba mendapatkan keuntungan, dimana tempatkan PKl-PKL di gedung tua tersebut.

"Memang, ada oknum yang bermain juga yang memanfaatkan lahan di gedung tua kosong itu ya," katanya. (BAS)

Penulis:
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved