Kecelakaan Lalu Lintas

Ini Kronologi Kecelakaan Bus di Tol Pejagan-Kanci yang Tewaskan 4 Siswa SMP

Bus wisata itu keluar jalur tol lalu masuk area persawahan karena sang sopir tidak bisa mengendalikan laju kendaraan.

Ini Kronologi Kecelakaan Bus di Tol Pejagan-Kanci yang Tewaskan 4 Siswa SMP
Dok. Satlantas Polres Brebes
SEBUAH bus yang mengangkut rombongan study tour SMPN 1 Pulokulon, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah mengalami kecelakaan maut di ruas tol Pejagan-Kanci, KM 236.800, Brebes, Jateng, Senin (1/10/2018) dinihari. 

KEPOLISIAN Brebes, Jawa Tengah, menjelaskan kronologi sementara kecelakaan bus pariwisata bernomor polisi AE 7277 UP yang mengalami kecelakaan di ruas tol Pejagan-Kanci KM 236,8 arah barat atau Jakarta, pada Senin (1/10/2018) dini hari pukul 00.30 WIB.

Berdasarkan keterangan yang diperoleh dari para saksi, bus wisata keluar jalur tol masuk area persawahan karena sang sopir tidak bisa mengendalikan laju kendaraan.

Baca: Kecelakaan di Tol Pejagan-Kanci Empat Siswa SMP Tewas, Sopir Bus Diamankan Polisi

"Kronologi sementara, bus yang kecelakaan itu posisinya yang paling belakang,” ujar Kasatlantas Polres Brebes Ajun Komisari Polisi M Rikha Zulkarnaen, saat dihubungi, Senin (1/10/2018).

Ia menerangkan, kecelakaan bus bernomor polisi AE 7277 UP itu berada di posisi paling belakang dari 5 bus rombongan SMP Pulokulon, Kabupaten Grobogan.

Bus berisi 48 orang, yaitu 41 siswa, 3 guru, 2 perwakilan biro dan 2 kru bus.

“Rombongan busnya ada 5 bus. Bus yang paling belakang hilang kendali terperosok di jalanan lurus, lalu jatuh di area persawahan di bawah tol," tambahnya.

Sebelum terjadinya kecelakaan, bus sempat menyenggol rambu di sebelah kiri jalan tol. Setelah diperiksa, ada bekas seperti gesekan ban di permukaan jalan tol.

Setelah 100 meter berjalan, bus kemudian terperosok jatuh ke samping badan jalan. Keterangan itu diperoleh dari pemeriksaan terhadap sopir dan kondekturnya, serta sejumlah saksi lainnya.

Sejauh ini, ada 4 siswa SMP tersebut yang dipastikan telah meninggal. Sementara belasan korban lain menderita luka-luka.

Adapun identitas keempat korban meninggal yaitu Mohamad Mafhut Ahsan (13), Rukma Sari (13), Akhirat Mufti Syahbana (14) dan Fidya Kastarena (13).

"Jenazah para korban di RS Gunung Jati, Cirebon. Untuk korban luka dirawat di RS Plumbon. Bus sudah dievakuasi pagi tadi dan lalu lintas sudah lancar," jelas AKP Rikha. (Kontributor Semarang, Nazar Nurdin)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kronologi Kecelakaan Bus yang Tewaskan 4 Siswa SMP di Tol Pejagan-Kanci"

Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved