Gedung Tua Tak Terpakai di Kawasan Kota Tua Jadi Lahan Parkir Gerobak PKL

Sejumlah gedung tua yang tidak lagi terpakai di Kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, telah dimanfaatkan orang-orang tidak bertanggungjawab.

Gedung Tua Tak Terpakai di Kawasan Kota Tua Jadi Lahan Parkir Gerobak PKL
Warta Kota/ Panji Baskhara Ramadhan
Sejumlah gedung tua yang tidak lagi terpakai di Kawasan Kota Tua, Tamansari, Jakarta Barat, telah dimanfaatkan orang-orang tidak bertanggungjawab jadi lahan parkir gerobak milik para pedagang kaki lima. 

SEJUMLAH gedung tua yang tidak lagi terpakai di Kawasan Kota Tua, Tamansari, Jakarta Barat, telah dimanfaatkan orang-orang tidak bertanggungjawab.

Gedung-gedung tua bersejarah itu, sudah beralihfungsi jadi lahan parkir gerobak milik para Pedagang Kaki Lima (PKL) Kawasan Kota Tua.

Penampakan itu, terpantau di sepanjang Jalan Kali Besar Barat Kawasan Kota Tua.

Sejumlah PKL itu, nampak berada di sebuah gedung tua yang sudah reot tak terawat.

Di salah satu gedung tua tak beratap dan reot, nampak di bagian dalamnya dipenuhi dengan sejumlah gerobak PKL.

Ada gerobak mi ayam pangsit, bakso, dan sebagainya.

Melihat kondisi di dalam gedung itu, sejumlah gerobak nampak berjejer rapi.

Beberapa orang yang diketahui selaku pemilik gerobak, terlihat sibuk mempersiapkan dagangannya.

"Markir di sini sudah bertahun-tahun dan tidak ada larangan. Bisa jualannya di sini (di Gedung Tua) bisa juga buat tempat gerobak. Habisnya, kalau ditaruh di pinggiran jalan yaah ditertibkan lah pak sama Satpol PP. Ini gedung untuk para pedagang strategis. Tempat sembunyi juga di sini," ucap pria yang mengaku bernama Hasan (39), selaku pedagang mi ayam, pada Senin (1/10/2018).

Berubah fungsi

Kepala Unit Pengelola Kawasan (UPK) Kota Tua Jakarta Norviadi Setio Husodo membenarkan, bila sederet gedung tua yang di Jalan Kali Besar Barat rata-rata berubah fungsi menjadi lapak PKL.

"Di sana memang gedung-gedung tua yang tak lagi terpakai. Mereka semua (PKL) merupakan orang-orang yang tidak bertanggungjawab. Di mana gedung-gedung tua itu, digunakan untuk menaruh semua dagangan dan gerobaknya itu ya. Pastinya di sini kami terus mengawasi dan berkoordinasi dengan pihak Satpol PP terkait," ujar Norvi. (BAS)

Penulis:
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved