Breaking News:

Gempa Donggala Palu

Tak Cuma Kemarin, Ini 10 Bencana Gempa yang Pernah Guncang Tanah Sulawesi

Wilayah Sulawesi, khususnya Sulawesi Tengah, memang menjadi daerah rawan gempa dan tsunami.

Editor: Yaspen Martinus
Kompas.com/BNPB-Sutopo Purwo N
Sebuah bangunan pusat perbelanjaan yang roboh akibat gempa di Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9/2018). 

BADAN Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat setidaknya ada 10 peristiwa gempa di Sulawesi, yang terjadi sebelum gempa bumi dan tsunami melanda Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah dan sekitarnya, Jumat (28/9/2018) kemarin.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menyatakan, wilayah Sulawesi, khususnya Sulawesi Tengah, memang menjadi daerah rawan gempa dan tsunami.

"Memang wilayah Sulawesi Tengah, khusus wilayah Palu dan Donggala, rawan terjadi gempa dan tsunami," kata Sutopo Purwo Nugroho dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Sabtu (29/9/2018).

Baca: 384 Orang Meninggal Dunia Akibat Gempa dan Tsunami di Palu-Donggala

Berikut ini gempa dan tsunami yang pernah terjadi di Sulawesi:

1. 1 Desember 1927, gempa kekuatan 6,5 magnitudo mengguncang Kota Palu dan sekitarnya. Gempa berasal dari aktivitas tektonik Watusampo yang berpusat di Teluk Palu. Akibat kejadian ini, 14 orang meninggal dunia dan 50 orang luka-luka.

2. 30 Januari 1930 terjadi gempa di Pantai Barat Kabupaten Donggala, yang mengakibatkan tsunami setinggi dua meter dan berlangsung selama dua menit.

3. 14 Agustus 1938, terjadi gempa dengan kekuatan 6 magnitudo yang mengguncang Sulawesi Tengah, berpusat di Teluk Tambu Kecamatan Balaesang Donggala. Gempa ini berdampak tsunami setinggi 8-10 meter di Pantai Barat Kabupaten Donggala.

Sebanyak 200 orang meninggal dunia. 790 unit rumah rusak, serta seluruh desa di pesisir pantai barat Donggala hampir tenggelam.

Baca: Didesak Ibunya Agar Segera Menikah, Roro Fitria Mengaku Belum Punya Pacar

4. Pada 1994 terjadi gempa di Sausu, Kabupaten Donggala.

5. 1 Januari 1996, gempa dengan kekuatan 7,4 magnitudo berpusat di Selat Makassar. Gempa ini mengakibatkan tsunami yang menyapu pantai barat Kabupaten Donggala dan Toli-Toli.

6. Pada 1996 terjadi gempa di Desa Bankir, Tonggolobibi, dan Donggala. Pasca-gempa tersebut terjadi tsunami setinggi 3-4 meter dan membawa air laut sekitar 300 meter ke daratan. Akibat peristiwa ini, sembilan orang tewas dan sejumlah bangunan di tiga wilayah tersebut rusak parah.

Baca: Kali Bekasi Tercemar Parah, tapi Tetap Dipakai Demi Penuhi Kebutuhan Tiga Ribu Liter Air Baku

7. 11 Oktober 1998, Gempa berkekuatan 5,5 magnitudo mengguncang Kabupaten Donggala. Akibatnya, ratusan bangunan rusak parah.

8. 24 Januari 2005, gempa berkekuatan 6,2 magnitudo mengguncang Sulawesi Tengah. Pusat gempa 16 km arah tenggara Kota Palu. Akibatnya, 100 rumah rusak, satu orang meninggal dan empat orang luka-luka.

9. 17 November 2008, gempa dengan kekuatan 7,7 magnitudo yang berpusat di laut Sulawesi mengguncang Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah. Akibatnya empat orang meninggal.

10. 18 Agustus 2012 gempa berkekuatan 6,2 magnitudo terjadi di Kabupaten Sigi dan Parigi Montong. Akibatnya, delapan orang meninggal dunia. (Rina Ayu)

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved