Breaking News:

Pencemaran Lingkungan

Kali Bekasi Kembali Berbusa dan Bau Menyengat, Warga: Sangat Memprihatikan

Kali Bekasi kembali berbusa usai Bendungan Prisdo di Jalan M Hasibuan, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jumat (28/9/2018) pagi.

Warta Kota/Muhammad Azzam
Kali Bekasi kembali berbusa usai Bendungan Prisdo di Jalan M Hasibuan, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jumat (28/9/2018) pagi. 

KALI Bekasi kembali berbusa usai Bendungan Prisdo di Jalan M Hasibuan, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jumat (28/9/2018) pagi.

Pantauan Warta Kota, busa Kali Bekasi cukup banyak dan tercampur dengan sampah yang mengambang. Warna kali hitam dan bau kali menyengat.

Warga sekitar Indra (28) mengatakan Kali Bekasi kembali mengeluarkan busa sejak pukul 17.00 (27/9/2018) kemarin.

"Kalau kemarin sore mah lebih parah dan banyak busanya. Pagi ini rada mending," katanya kepada Wartakota, Jumat (28/9/2018).

Indra menilai permasalahan limbah Kali Bekasi sudah sangat memprihatinkan. Ia berharap agar ada penanganan serius pemerintah setempat.

"Parah, kita prihatin bangat. Kok busa sering muncul dan engga ada habisnya. Pemerintah tolong ambil langkah agar pencemaran Kali ini cepat selesai," jelasnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Jumhana Luthfi mengatakan busa Kali Bekasi ini kerap kali muncul karena pencemaran yang terjadi di bantaran Kali.

"Itu busa muncul, kan ada pembiasan saat air turun dari bendungan. Akhirnya keluar busa," katanya.

Jumhana memastikan pencemaran Kali Bekasi berasal dari limbah pabrik diluar Kota Bekasi.

"Kemungkinan ini libah pabrik, pabrik dari Kabupaten Bogor. Kalau diwilayah kita ketat pengawasan dan tindak tegas," paparnya.

Diketahui akibat pencemaran Kali Bekasi yang semakin parah, pasokan baku air PDAM terganggu. Sehingga membuat 51 ribu rumah tidak teraliri air. (m18)

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved