Breaking News:

Enam Bandara Direncanakan Dibangun dengan Skema KPBU

enam bandara itu memiliki lalu lintas tinggi dan memberikan keuntungan bagi para investor swasta.

Editor: Ahmad Sabran
istimewa
rencana pengembangan bandara Komodo 

MENTERI  Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebutkan telah ada enam bandara yang akan masuk dalam skema kerja sama pemerintah badan usaha (KPBU).

"Kalau sekarang KPBU yang sudah saya minta dijalankan itu di Lampung, Bengkulu, Belitung, Kalimantan Tengah, Labuan Bajo, dan Sentani. Ada enam sementara ini," terang Budi Karya di Jakarta, Selasa (25/9/2018).

Keenam bandara di wilayah tersebut dipilih bukannya tanpa alasan.

Budi Karya menyampaikan enam bandara itu memiliki lalu lintas tinggi dan memberikan keuntungan bagi para investor swasta.

"Secara umum bandara-bandara itu yang punya kemampuan visibilitas tinggi dan trafiknya banyak. Itu kami serahkan," sambung dia.

Baca: Pegawai Honorer K2 DKI Jakarta Setiap Tahun Resah

Baca: Sukses Saat Asian Games 2018, Ganjil Genap akan Diterapkan Saat Pertemuan Bank Dunia-IMF di Bali

Mantan Direktur Utama Angkasa Pura II itu menyatakan, pengelolaan dan pengembangan bandara yang ada di enam wilayah tersebut akan disinergikan antara BUMN, dalam hal ini AP I dan atau AP II dengan investor swasta asing maupun dalam negeri.

Budi Karya pun mengakui, banyak investor swasta luar dan dalam negeri yang tertarik bergabung dalam skema KPBU tersebut.

"Banyak sekali yang mau karena ini berkaitan dengan udara, keselamatan. Nanti kalau laut itu sudah ada exercise-nya kita buka berapa," imbuh dia.

Adapun sampai saat ini pemerintah telah melakukan market sounding terkait KPBU Bandara Komodo di Labuan Bajo, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Bidang Perencanaan Penanaman Modal BKPM Wisnu Wijaya Soedibjo menyatakan bahwa kebutuhan total investasi sebesar Rp 3 triliun.

"Skema KPBU ini memiliki rincian investasi capex atau modal belanja Rp 1,17 triliun dan operational expenditure sebesar Rp 1,83 triliun," kata Wisnu di Gedung BKPM, Selasa (25/9/2018).

Baca: Ratu Muncikari Surabaya Menangis di Persidangan

Wisnu menambahkan, skema KPBU ini dilakukan bukan semata-mata untuk membangun fisik bandara, melainkan menyediakan fasilitas bandara yang dapat memberikan pelayanan berkualitas untuk wisatawan asing dan domestik.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menhub: Ada Enam Bandara yang Siap Masuk Skema Kerjasama Pemerintah-Badan Usaha",

Penulis : Ridwan Aji Pitoko

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved